banner 728x90

Plt Sekda Mundur Harus Disikapi Serius

banner 468x60

Foto: Jafri

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pengunduran diri Pelaksana tugas Sekretaris Daerah disikapi serius oleh DPRD Belitung Timur. Jika memang benar sudah mengajukan permohonan mundur maka Bupati harus menunjuk kembali birokrat yang layak menempati jabatan penting itu.

banner 300x250

“Itu sudah mengundurkan diri terus sekarang disikapi oleh Bupati harus ada kejelasan. Kami belum tahu siapa sekarang, apakah Plt atau Plh. Bupati harus punya kejelasan sesegera mungkin. Kami kan tidak tahu apakah pak Evi (Plt Sekda yang mundur, red) masih Plt atau tidak. Menurut informasi sudah mengundurkan diri,” ujar Ketua Komisi I DPRD Beltim Jafri saat dikonfirmasi awak media, Selasa (12/9) kemarin.

Namun Jafri tidak mempermasalahkan jika pengunduran diri belum disetujui Bupati dan jabatan tersebut masih diamanahkan kepada Pelaksana tugas terdahulu. Asal tidak menyalahi aturan yang berpotensi masalah di kemudian.

“Kalau masih Plt, selama tidak menyalahi aturan tidak masalah tapi kalau menyalahi aturan, tolong disikapi. Jangan sampai kita melanggar aturan,” kata Jafri.”Kawan-kawan media lah yang tahu, kejarlah pak Bupati. Kami sekarang jujur masak Sekwan (jabatan defenitif) merangkap Plt Sekda,” imbuhnya.

Menurut Jafri, penunjukan Plt Sekda maupun Sekda definitif seharusnya sudah dilakukan jauh-jauh hari. Mengulur waktu hanya akan menganggu kinerja yang bersangkutan karena jabatan defenitif sama pentingnya.

“Harusnya sudah dari dulu supaya pekerjaan-pekerjaan berjalan bagus dan selama ini kita tidak mempersoalkan. Kalau memang sudah mengajukan pengunduran diri ya segera disikapi agar tidak bias. Nantikan kawan-kawan media bertanya,” beber Jafri.

Disinggung soal nama pejabat yang dititipkan sebagai Pelaksana tugas atau defenitif, Jafri membantah dewan ikut campur. DPRD, kata Jafri, hanya memerlukan sosok birokrasi yang mampu bekerja baik.

“Kita tidak mencampuri itu, walau kita tahu kearah itu tapi kita tidak mencampuri terutama saya. Tidak peduli siapa sekdanya yang penting bisa bekerja dengan baik, bisa bersinergi dengan baik dalam rangka untuk memajukan Beltim,” tegasnya.

Sebelumnya, Plt Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi membenarkan jika dirinya telah mengajukan pengunduran diri sebagai pelaksana tugas Sekda terhitung sebelum masa jabatan berakhir 6 bulan sejak ditunjuk oleh Bupati. Ia memastikan, langkah yang dibuatnya merupakan inisiatif pribadi.

“Itu benar tanggal 30 Agustus, tepatnya hari Rabu saya pribadi membuatkan surat kepada Bupati Beltim pengunduran diri sebagai pelaksana tugas Sekda,” ujar Evi saat ditemui seusai rapat anggaran di ruang rapat DPRD Beltim.

Dikatakan Evi, ada beberapa alasan pengunduran dirinya dalam jabatan paling strategis di pemerintahan daerah itu. Pertama, acuannya adalah Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 dan kedua, masa pelaksana tugas hanya dibatasi 6 bulan. (msi)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: