banner 728x90

PNS Diajak Salurkan Zakat Mal

SUNGAILIAT – Badan Amil Zak Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka mengajak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah itu untuk menyalurkan zakat mal guna membantu mensejahterakan masyarakat kurang mampu. Ketua Baznas Kabupaten Bangka, Nasir Hasan, Senin (19/9) mengajak seluruh PNS di Kabupaten Bangka untuk menyalurkan zakat mal yang diambil dari gajinya.

“Zakat mal yang berhasil kami himpun baik dari PNS maupun dari masyarakat lainnya akan disalurkan kembali ke masyarakat yang berhak mendapatkannya,” ujarnya. Ia mengatakan, seorang muslim tidak hanya dituntut menjadi sosok yang saleh secara individu, tetapi sosok muslim yang sempurna atau “Kaffah” adalah pribadi yang memberikan pengaruh dalam kesalehan sosial.

“Pengelolaan zakat di Indonesia saat ini sudah memiliki payung hukum diantaranya Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, peraturan pemerintah nomor 14 tahun 2014, dan sejumlah peraturan lainnya,” katanya. Menurutnya, zakat mal yang dikeluarkan dengan jumlah yang sesuai ketetapan. Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang muslim, karena zakat merupakan salah satu rukun Islam yang lima.

“Zakat merupakan salah satu instrumen pemerataan pendapatan, jika zakat dikelola dengan cara yang baik memungkinkan dapat membangun pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan pendapatan bagi mustahik,” katanya. Pengelolaan atau penyaluran zakat mal yang berhasil dihimpunnya kata dia, dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terbuka.(rel/rb)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: