banner 728x90

Polisi Antisipasi Uang Palsu Menjelang Pemilu

Ilustrasi

*Angka Kriminalitas Diprediksi Meningkat

TANJUNGPANDAN – Menjelang Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Pileg 2019, di Kabupaten Belitung, pihak Polres Belitung, mewaspadai peredaran uang palsu bertebaran.

Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, sebelumnya dirinya sudah sering kali menangani kasus ini. Pelaku kejahatan politik memanfaatkan momen tersebut, untuk meraih dukungan.

“Modusnya mereka membagi-bagikan uang (money Politik), kepada rakyat untuk mencari simpati. Namun, mereka tidak sadar uang yang dibagikan adalah uang palsu,” kata AKBP Yudhis, Kamis (13/9) kemarin.
Setelah uang itu dibelanjakan, ternyata palsu. Kasus tersebut sering kali terjadi tiap menjelang Pileg dan Pilpres.

Kata AKBP Yudhis, tidak menutup kemungkinan kasus tersebut akan terjadi di Kabupaten Belitung.
Untuk mencegah hal tersebut, warga diminta waspada. Serta tidak menggubris, seseorang tak dikenal memberikan uang dengan tujuan tertentu. Kemudian segera langsung melaporkan ke polisi.

Selain uang palsu, AKPOL 1999 ini memprediksi angka kriminalitas di Belitung akan naik, pada saat menjelang pencoblosan, yakni pas masa kampanye. Perbedaan pilihan menjadi penyebab utamanya.

“Saling teror dan serang sering kali terjadi. Ujung-ujungnya terjadi perkelahian, tawuran hingga pengerusakan. Kasus itu, sudah pernah saya tanggani,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini, Polres Belitung akan menggelar Operasi Mantap Brata 2018. “Seluruh personil akan kita kencangkan kembali. Agar angka kriminalitas pada saat pemilu dapat dicegah,” pungkasnya. (kin)

Related Search

Tags:
author

Author: