banner 728x90

Polres Beltim Gelar  Ops Ketupat 2018

Foto bersama usai apel pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2018 di halaman Mapolres Beltim Rabu (6/6) kemarin

//Siap Amankan Momen Lebaran
MANGGAR – Polres Beltim menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2018, Rabu (6/6) di halaman Mapolres Beltim. Apel dipimpin langsung Bupati Beltim Yuslih Ihza sekaligus membacakan amanat Kapolri, Jenderal Pol. M Tito Karnavian.
Apel diawali dengan penyematan pita kepada sejumlah perwakilan sebagai tanda dimulainya operasi selama 18 hari kedepan terhitung sejak tanggal 7 sampai dengan 24 Juni 2018. Selain Polri, operasi melibatkan berbagai stakeholder diantaranya TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas, Satpol PP dan Senkom Polri.
Kapolri menekankan empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama pada lebaran tahun ini. Pertama, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Tahun lalu, secara umum stabilitas harga pangan dapat terjaga dan tidak terjadi kelangkaan bahan pangan.
“Semua itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dari semua instansi terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog, Komisi Pengawas Persaingan Usaha dan Satgas Pangan Polri,” tulis Kapolri yang dibacakan Bupati Beltim.
Kedua, potensi kerawanan permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik. Hasil survei jalan
yang dilaksanakan oleh Korlantas Polri bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan maupun Dinas Jasa Marga dan Pertamina mendapati sekurangnya terdapat enam lokasi rawan macet pada jalur utama mudik lebaran.
Ketiga, kerawanan yang harus diantisipasi adalah potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas. Karenanya, Kapolri mengharapkan Kasatwil mengambil langkah preemtif maupun preventif yang diperlukan sehingga menekan potensi kerawanan. Tak hanya itu, Kasatwil diminta terus berkoordinasi dengan Basarnas, BMKG, dan
pihak terkait lainnya.
Keempat, potensi kerawanan ancaman tindak pidana terorisme. Guna mengantisipasi potensi tersebut, Kasatwil diperintahkan untuk menekankan kegiatan deteksi intelejen yang diimbangi dengan upaya penegakan hukum secara tegas. Slaah satunya melalui optimalisasi peran serta Satgas Anti Teror di seluruh Polda jajaran.
Kapolres Beltim AKBP Erwin Siboro S.Ik seusai apel gelar pasukan menyatakan jajaran Polres Beltim siap melaksanakan amanat Kapolri. Untuk pelaksanaan gelar pasukan operasi Ketupat Menumbing 2018 sudah
dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Beltim.
“Tujuannya kita membuat masyarakat kondusif dan nyaman pada saat mudik lebaran tahun ini. Begitu juga pemudik nanti meninggalkan rumah dalam keadaan baik,” kata Kapolres.
Ia menambahkan, Polres juga menyiapkan pos pengamanan dimulai tanggal tanggal 7 Mei. Untuk Beltim, Pospam yang didirikan sebanyak 3 titik yakni Manggar, Gantung dan Kelapa Kampit.
“Ini kita buat senyaman mungkin agar masyarakat kondusif. Kita harapkan seluruh stakeholder sama-sama menyukseskan operasi ketupat menumbing,” sebut Kapolres. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: