banner 728x90

PT NKA Tanggapi Aspirasi Warga Badau

banner 468x60

caption: Pertemuan antara masyarakat Desa Badau dengan pihak PT NKA, Kamis (9/11) lalu, di Kantor Desa Badau

 

banner 300x250

                                     Zulkipli

//Klaim Sangat Bijak Menyikapi Persoalan

TANJUNGPANDAN – Perwakilan PT Nipindo Kaolin Abadi (NKA) Zulkipli angkat bicara mengenai hasil dialog pertemuan antara warga, Pemerintah Daerah dengan pihak perusahaan pada Kamis (9/11) lalu. Ia mengatakan surat dan dokumen NKA semuanya terdaftar dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang dimiliki adalah IUP perpanjangan.
Ia menjelaskan terkait hasil mediasi atau dialog yang dilaksanakan di Kantor Desa Badau pada waktu itu, pihaknya sudah menyampaikan kondisi tersebut ke Manajemen Pusat PT NKA.
Zulkifli menambahkan, langkah selanjutnya akan dilakukan dialog tahap kedua dengan masyarakat desa. Harapannya tim manajemen ataupun direktur PT NKA akan ikut hadir.
Berkenaan dengan lahan kata Zulkifli, pihak perusahaan sangat bijaksana dalam menyikapi persoalan tersebut. Lantas, kalau seandainya ada warga yang memiliki dokumen di atas lahan itu, makan akan diingklapkan pihak perusahaan.
“Kalaupun tidak punya dokumen, kita punya alternatif pertama akan kita ganti rugi tanam tumbuhnya. Atau kita beri waktu untuk satu kali masa tanam,”kata Zulkifli kepada Belitong Ekspres selasa (14/11) kemarin.
Lebih lanjut ia menjelaskan, satu kali masa tanam contohnya tanaman sawit. Itu membutuhkan waktu hingga 20-25 tahun untuk panen atau pun tanaman lada dengan masa tanam panen sampai10 tahun.
“Nah yang kita sesalkan pada waktu itu, kita tidak diberi ruang untuk mencari solusi atas apa yang menjadi aspirasi dari warga. Dan terkesan ingin melakukan pertemuan lanjutan,” ucapnya.
Kata Zilkifli, PT NKA baru kembali beroperasi sekitar enam bulan terakhir dan bahan kaolin masih dalam bentuk gumpal pres, bukan dalam bentuk tepung.
“Untuk mengambil 100 persen tenaga kerja lokal saya rasa itu tidak bisa. Tetap ada tenaga kerja khusus yang di datangkan dari luar daerah. Namun kami tetap berkomitmen mengedepankan tenaga kerja lokal atau masyarakat setempat,” ungkapnya. (rez)

 

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: