banner 728x90

PT Timah Konsentrasi Kembangkan Air Jangkang

ilustrasi

//Destinasi Mining Tourism Berkonsep Ecopark

PANGKALPINANG – PT Timah Tbk tetap konsentrasi dalam pengembangan eks lahan tambang timah mereka yang ada di kawasan Air Jangkang, Desa Riding Panjang, Merawang, Bangka menjadi destinasi mining tourism (pariwisata pertambangan). Mereka berupaya mereklamasi agar menjadi layak untuk dikunjungi para wisatawan.

“Ada beberapa yang sebenarnya kami sudah mulai. Salah satu contoh yang nanti kami lagi kembagkan di Air Jangkang. Di situ dilakukan reklamasi, menciptakan taman, ecopark yang nanti juga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum,” ujar Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani.

Kalau untuk pelaksanaan program Mining Tourism di Belitung Timur, PT Timah sudah menargetkan pada Agustus 2018 sudah berjalan. Sementara dari Air Jangkang, sedang digarap konsep ecopark tersebut. Ecopark adalah suatu konsep yang dapat diadaptasi sebagai upaya untuk pengelolaan taman (bagian dari ruang terbuka hijau) yang ramah lingkungan dan juga mengupayakan efisiensi pemanfaatan sumber daya alam.

“Nanti kalau mau lihat Air Jangkang, nanti koordinasi sama humas. Itu adalah salah satu dari bukti kita mendukung Mining Tourism,” ajak Riza.

Lanjut Riza, pihaknya juga mencoba mereklamasi tempat lain agar kembali produktif. Misalnya, eks lahan tambang yang berada di IUP PT Timah ingin disulap menjadi agro tourism.

“Dan ada beberapa tempat lain di lahan reklamasi, kami ubah, kami tanami dengan segala tanaman produktif. Selain untuk sumber suplay, contoh buah-buahanya atau makanan pokok, itu dipakai untuk bagian dari agro tourism,” pungkas Riza. (aka)

Related Search

Tags:
author

Author: