banner 728x90

Punya Yamaha NMax? Wajib Tahu Ini!

Tiap produk motor punya plus-minus. Yamaha NMax saat ini sedang marak diminati. Beberapa tips berikut wajib diketahui oleh pengendara NMax.

Rendi, pemilik workshop modifikasi skutik di Depok, membeberkan problem yang sering dihadapai oleh pengendara NMax. Menurutnya, sama seperti matik yang lainnya, motor bersimbol garputala ini rawan mogok saat membelah banjir. “Kenapa saya bilang rawan, karena posisi filternya itu mudah kerendem,” katanya, di bengkel Voltus Light Werks, Depok, Minggu (11/2).

Lantas bagaimana jika banjir tak terelakkan? Rendi menjelaskan, bila motor NMax mati akibat menerjang banjir, hal pertama yang harus segera diperiksa yakni busi dan. Selanjutnya, jangan lupa membuka cover filter disebelah kiri dan CVT. Filter sebelah kiri lebih mudah terkena air. “Air nyerap di situ, masuk ke ruang bakar, throttle body sama mesin. Itu penyakit standarnya,” terangnya.

Ia menambahkan, bagian lain yang harus dicermati dari motor keluaran Yamaha ini yaitu sekring. Pria lulusan Universitas Gunadarma ini mengatakan, sekring utama motor NMax ini 7,5 ampere. “Kalau motor standar itu masih oke lah, tapi kalau sudah nambahin variasi seperti alarm dan klakson, saran saya NMax ini ampere-nya di ganti menjadi 10 ampere, tapi jangan lebih. Posisi sekringnya sendiri di kotak aki, yakni di bawah jok motor. Itu dibuka, disitu diagramnya dan dicari yang ada tulisan sekring utama dan sekring senja. Dua itu diganti 10 ampere,” bebernya panjang lebar.

Rendi juga memaparkan problem lain yang kerap muncul pada motor Yamaha NMax yaitu setelan rantai keteng. Bila kendaraan ini sering dikendarai untuk memempuh jarak jauh, ia menyarankan agar Anda rutin melakukan servis NMax untuk memeriksa kekencangan setelan rantai keteng. “Kalau kendor, lama-lama mata tensionernya akan kena juga. Ada yang mengakalinya agar tidak cepat kendor dengan memakai dari motor bebek Jupiter Z1. Untuk pengecekan tensioner, standarnya itu sering dilakukan pengecekan rutin, setel klep, sama rantai keteng,” tutupnya.(sab/JPC)

 

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: