banner 728x90

Rasain! Kacha Dituntut 13 Tahun Penjara

banner 468x60

*Atas Kepemilikan Narkoba Jenis Sabu-Sabu Seberat 18 Gram

TANJUNGPANDAN-Kejaksaan Negeri Belitung menuntut Maswari alias Kacha, 13 tahun penjara dan denda Rp 1 Miliar. Itu dilakukan, lantaran Kacha tidak mendukung program pemerintah tentang Indonesia bersih dari narkoba.

Itu yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Belitung, kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungpandan, saat sidang yang mengadendakan tuntutan di Ruang Sidang PN, Rabu (4/1) kemarin.

banner 300x250

Di sidang ini, dipimpin Hakim Ketua Harto Pancono, didampinggi Hakim Anggota Saeful Imam dan Andi Bayu Mandala Putera. Dalam tuntutan ini, Kacha dikenakan Pasal 112 Ayat 2 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Pelaku tertangkap tangan, membawa dan menyimpan narkoba jenis sabu sebanyak 18 gram, dibungkus dengan dengan plastik, sebanyak 28 paket. Selain itu, membawa narkoba, rencana barang tersebut akan diedarkan ke Belitung.

Menanggapi tuntutan tersebut, Kacha melalui Pengacaranya Heriyanto SH menyatakan akan melakukan pledoi (nota pembelaan). Sidang kembali dilanjutkan, Rabu (11/1) mendatang, dengan agenda pembelaan terdakwa.

JPU Kejaksaan Negeri Belitung Iwan Nuzuardi mengatakan, tuntutan 13 tahun dan denda Rp 1 miliar dirasa tepat untuk memberikan efek jera terhadap terdakwa. Sebab, Maswari alias Kacha merupakan resedivis pelaku penyalagunaan narkoba di Belitung.

Kacha pernah masuk penjara dengan kasus yang sama. Selain itu, perbuatan pria berdarah Madura ini tidak mendukung Program Presiden Jokowi tentang Indonesia bersih dan bebas dari narkoba.

“Hal-hal yang meringankan, Kacha mengakui barang itu miliknya. Selain itu, dia bersikap sopan dan memberikan keterangan yang jujur dalam persidangan,” kata Jaksa Iwan, kepada Belitong Ekspres, Kemarin.

Sementara itu, Maswari alias Kacha mengaku pasrah dengan tuntutan yang diberikan JPU kepadanya. Katanya, tuntutan 13 tahun dengan denda Rp 1 miliar dinilai berat. Sebab, dia tak mampu membayar uang sebanyak itu.

Mengenai tuntutan 13 tahun yang dijatuhkan jaksa, dirinya meminta keringanan di persidangan Rabu mendatang. Alasannya, ia saat ini memiliki tiga orang anak dan satu di antaranya masih berumur dua tahun.

“Kalau saya lama dipenjara, siapa yang menanggung hidup anak saya. Kami berharap, hakim dan jaksa memberikan keringanan setidaknya dibawah 10 tahun. Apalagi kasus narkoba tidak dapat remisi dan pengajuan bebas bersyarat (BP),” kata Kacha, kepada Belitong Ekspres, kemarin.

(kin)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: