banner 728x90

Razia Bocor, Penambang Kabur

banner 468x60

MUNTOK – Penambang TI Rajuk yang beroperasi di pinggir jalan raya Desa Puput, Kecamatan Parit Tiga, memilih meninggalkan peralatan tambang lantaran didatangi Satpol PP. Razia operasi yang dipimpin oleh Kasie Ops Sat Pol Pemkab Babar Setiwan bersama aparatur kecamatan Parit tiga dilakukan pada Rabu malam (22/6) sekitar pukul 23.30 WIB.

“Aktivitas ini jelas jelas menggangu dan merusak, apalagi lokasi beroperasinya tidak jauh dari bahu jalan raya dan pasar yang ada di Parit tiga. Untuk itu, tidak boleh dibiarkan dan harus ditertibkan,” ujar Kasie Ops Sat Pol PP Pemda Babar seizin Kasat Pol PP Babar Sunartho saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/6).

banner 300x250

Ia mengungkapkan, operasi yang dilakukan diduga sudah bocor. Sebab, pada saat tim tiba di lokasi tidak tampak satu pun penambang yang melakukan aktivitas. Tersisa hanya peralatan penambangan yang diduga ilegal.

“Sepertinya sudah bocor, saat kita tiba di lokasi tak ada satu pun orang disitu yang hanya ada peralatan penambangan saja seperti mesin, pipa, sakan dan beberapa peralatan lainnya,” ungkap dia.
Dikatakannya, aktivitas penambangan ilegal yang dilakukan sejumlah oknum yang bertanggung jawab tersebut dilakukan pada malam hari. Jumlahnya cukupnya banyak ada 12 unit Ti rajuk. “Mirisnya, aktivitas ini dilakukan berjarak kurang lebih 4 meter dari fasilitas umum seperti pasar dan jalan raya, karena banyak aktivitas pada siang hari disekitar lokasi, maka aktivitas penambangannya dilakukan malam hari,” kata Setiawan.

Keberadaan aktivitas tambang illegal tersebut sudah menjadikan masyarakat disekitar lokasi resah, hal ini terbukti adanya laporan masyarakat tentang keberadaan Ti rajuk di Desa Puput yang diterima oleh Sat Poil PP Pemkab Babar. Oleh karena itu, pada giat razia operasi Rabu malam kemarin peralatan penambangannya diamankan oleh Sat Pol PP Babar. “Ada laporan ke kita, makanya kita raziakan karena jika dibiarkan dampak sangat besar minimal bahu jalan yang tidak jauh dari lokasi Ti itu akan putus dan lonsor, makanya kita amankan alat alat Ti nya,” tukas Setiawan.(ray)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: