banner 728x90

Razia Tambang Ilegal Gagal

banner 468x60

*Pelaku Kabur, Barang Bukti Tak Diangkut

foto B-- tengah 1

TANJUNGPANDAN-Meski sudah sering kali dirazia, namun oknum masyarakat tetap menambang timah ilegal di Kawasan Hutan Bakau dan Hutan Mangrove di Air Ranggong Dusun Air Serekuk, Desa Air Saga, Kamis (2/6) kemarin.

banner 300x250

Mengetahui hal tersebut, Jajaran Polres Belitung langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sayangnya, saat polisi tiba di lokasi, para penambang timah ilegal ini langsung kabur dan meninggalkan lokasi.

Alhasil, polisi tidak satupun berhasil mengamankan pelaku. Razia ini dipimpin Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Belitung Ipda Arfian Restu Jaya, dan puluhan aparat gabungan Polres Belitung dan Polsek Tanjungpandan.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, razia dilakukan lantaran adanya laporan masyarakat yang resah dengan adanya aktivitas penambangan ilegal itu. Bahkan, warga mengancam akan melaporkan ke Polda Bangka Belitung (Babel) jika membiarkan para menambang ini masih nekat melakukan aktivitasnya.

Wakapolres Belitung Kompol Muhammad Nizar mengatakan, razia ini merupakan tindak lanjut laporan dari masyarakat. Mendapat laporan itu pihaknya langsung melakukan penyergapan ke lokasi.
“Saat razia kita ketahui, sejumlah orang yang melakukan aktivitas tambang ilegal kabur dan kita kehilangan jejak,” ujar Kompol Nizar kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Untuk  tindakan yang dilakukan kepolisian mengenai beberapa alat yang masih berada di lokasi, pihaknya masih memberi kesempatan bagi pemilik untuk mengangkut barang-barang itu selama dalam waktu 2×24 jam atau dua hari.

“Ini peringatan terakhir bagi penambang di Air Ranggong. Jika selama dua hari alat itu masih ada, kita akan angkut. Dan juga peringatan terakhir kali penambang, agar tidak menambang di lokasi tersebut, jika masih nekat, kita akan tangkap dan penjarakan,”  tegas Kompol Nizar.(kin)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: