banner 728x90

Rekruitmen Tenaga Relawan Demokrasi Diperpanjang

 

Divisi SDM dan Partisi Masyarakat KPU Beltim, Asrikhah

* Target 55 Orang, Baru 11 Pelamar

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Beltim membuka rekruitmen Tenaga Relawan Demokrasi.

Program Relawan Demokrasi ini adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 mendatang.

Divisi SDM dan Partisi Masyarakat KPU Beltim, Asrikhah mengatakan, program ini melibatkan partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya. Mereka ditempatkan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya.

Relawan Demokrasi menjadi Mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis Kabupaten, dengan bentuk peran serta masyarakat diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu seoptimal mungkin.

“Pada intinya untuk pencapaian target partisipasi masyarakat 77,5%. Itu tidak cukup hanya datang ke TPS saja Kita perlu kualitasnya dari hasil pemungutan suara itu Karena disitu kan belum tentu juga mereka hanya datang, tapi dari hasil dari pemungutan suara itu tidak maksimal.’

Dari adanya ini mitra KPU ini bisa membantu untuk menyukseskan pemilu nanti. Relawan demokrasi ini sebagai peningkat partisipasilah,” terang Asrikhah kepada Belitong Ekspres, minggu (13/1) kemarin.

Dijelaskan Asrikhah, tugas mereka, menyampaikan pentingnya demokrasi pemilu. Diantaranya penyampaian hari tanggal pemungutan suara.

“Maksimal kita akan merekrut 55 orang dalam satu kabupaten. Kalaupun tidak mencapai target, 50 sudah cukup. Ini terdiri dari 10 basis, nanti kita sesuaikan dengan tingkat Kecamatan.

Setiap kecamatan beda-beda. Minimal 4 mewakili dari 10 basis. Ada basis disabilitas, komunitas, keluarga, warga net, pemilih pemuda, pemilih pemula, ada basis perempuan, keagamaan, kita mewakili semua sekmen.” Kata Asrikhah.

Kegiatan perekrutan ini tetap mengkedepankan proses yang maksimal. “Untuk mekanismenya kita ada bimbingan teknis. Kita tetap melalui seleksi, wawancara. Hingga hari ini sudah 11 pendaftar, jadi waktu pendaftaran tetap kami perpanjang yang aturannya hari ini berakhir,” tandasnya. (dny)

 

Related Search

author

Author: