banner 728x90

Ribuan Peserta Arisan DSP Tertipu

banner 468x60

*Pendiri Tak Berkutik, Omset Arisan Puluhan Miliar Rupiah

 

MANGGAR-Jajaran Polres Belitung Timur (Beltim) akan terus mengusut kasus arisan putus Destari Sulius Putri (DSP) yang belakangan menjadi kasus di Kabupaten Beltim. Pasalnya, apa yang dijanjikan owner DSP kepada peserta arisan nasabah (semacam investasi) tidak bisa diwujudkan seperti apa yang sudah dijanjikan pengelola DSP beberapa waktu lalu.

Kabar yang diterima Belitong Ekspres, nasabah arisan tak hanya warga di Beltim, tapi juga ada di wilayah Kabupaten Belitung. Hingga Sabtu (4/2), akhir pekan lalu dana nasabah belum bisa dicairkan. Padahal, uang nasabah yang beredar untuk invetasi dengan model arisan ini mencapai puluhan miliar rupiah dengan jumlah peserta dikabaran mencapai seribu lebih.

banner 300x250

Akibat kecewa dengan layanan pengelola arisan DSP, ratusan peserta arisan mendatangi kantor Polres Beltim. Mereka hendak dipertemukan dengan pihak pengelola yakni Destari dan suaminya Fajar. Peserta arisan ini ramai-ramai mendatangi Polres hendak memepertanyakan hal tersebut. Kapolres Beltim, AKBP Nono Wardoyo, yang memfasilitasi pertemuan nasabah menyatakan segera mengusut kasus ini.

Kapolres Beltim, berjanji akan mengusut dengan tuntas kasus ini. Dia mengakui memang membutuhkan waktu yang relatif panjang untuk mengetahui kemana dana tersebut mengalir. Angkanya sementara diduga mencapai puluhan milliar.

” Kami sudah menyita empat ponsel milik owner guna mengetahui kemana aliran dana selama ini. Kemudian akan kami selidiki bersama tim Asistensi/Supervisi dari Diskrimsus Polda Babel untuk dibawa ke saksi ahli di Kemenkomimfo. Lantas ditindaklanjuti dengan digital forensik agar mengetahui lalu lintas proses administrasi transaksi,” ungkap AKBP Kapolres saat ditemui usai pertemuan dengan ratusan bahkan ribuan nasabah yang notabene ibu rumah tangga di Mapolres Beltim, Sabtu (4/2). Selain dari Beltim, para pendemo juga datang dari Tanjungpandan, Belitung.

Kapolres berharap, peserta arisan bisa sabar. Sebab, dalam mengustu kasus ini akan membutuhkan waktu panjang. Sebab, kasus ini tidak semudah dengan kasus kasus lainnya. Meski demikian, pihak Polres akan tetap berupaya melakukan yang terbaik.

Kapolres menyatakan belum bisa memastikan status owner DSP, termasuk kapan akan dijadikan tersangka. Alasannya, proses penyidikan masih terus dilakukan. Selain itu, polisi harus melihat pasal mana yang dikenakan pada pelaku. Yang jelas, kini Owner yang bernama Destari Sulius Putri (DSP) atau yang biasa akrab disapa Yaya, dan suaminya Alfajar (Aci) merupakan warga Desa Birah, Kecamatan Manggar, Kabupaten Beltim, sudah “mengamankan diri” di Mapolres Beltim. Pemilik dan pendiri DSP itu sengaja “menyerahkan diri” ke Polres untuk menghindari amuk nasabah karena tidak bisa menepati janjinya mengembalikan dana pokok peserta arisan.

“Untuk pasal kemungkinan yang dikenakan ada 3 pasal, yakni pasal tindak pidana Undang Undang Perbankan, pasal KUHP Penipuan dan pasal pencucian uang. Jadi penyedikan seperti itu yang akan dilakukan nantinya,” ujar Kapolres.

“Bagi nasabah silahkan melapor jika memang merasa dirugikan, karena dengan demikian akan memudahkan pihak Polres melakukan penyidikan. Kami juga sangat prihatin atas kejadian ini, karena memang banyak nasabah yang dirugikan. Ini bisa dijadikan sebuah pelajaran,” sebut Kapolres.

Sebelumnya nasabah juga sempat mendatangi Mapolres Beltim pada 20 Januari 2017 lalu. Jadi, kedatangan ratusan nasabah untuk mempertanyakan pencairan dana setidaknya sudah dua kali terjadi.

Pada pertemuan 20 Januari 2016, owner sudah membuat surat perjanjian dengan Member di atas materai, bahwa pada tanggal 4 Februari akan mengembalikan dana pokok kepada nasabah yang belum pernah sama sekali melakukan penarikan.

Pada perjanjian tersebut Owner akan bertanggung jawab dan akan membayar semua yang sudah disepakati. Hingga Sabtu (4/2) kemarin, owner ternyata belum bisa melakukan pembayaran yang disepakati. Akibatnya, peserta banyak yang marah dan mendatangi Mapolres Beltim.(feb)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: