banner 728x90

Rp5 M untuk 4 Ribu Mustahiq

// Santunan Baznas Selama Ramadhan
PANGKALPINANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih terus melaksanakan tugas penyaluran dana zakat kepada para mustahik (penerima manfaat dana zakat) yang tersebar di 7 kabupaten/Kota/Provinsi se Bangka Belitung. Penyaluran dana zakat ini pun dikemas juga serangkaian acara di berbagai tempat dalam rangka juga sebagai ajang silaturahmi memperkuat tali ukhwah Islamiyah sesama muslim, khususnya antara Baznas dengan para mustahik termasuk dengan para muzaqqi agar semakin terdorong untuk menunaikan perintah Allah SWT yakni menunaikan zakatnya sesuai dengan nasab zakat yang telah disyariatkan oleh agama.
Sudah menjadi ketentuan Allah SWT untuk memberikan seseorang hambanya berupa rahmat rezeki yang berlebih dari pada yang lainnya. Demikian pun kiranya ketentuan Allah SWT memberikan batasan seorang hambanya dengan maksud dan tujuan yang jelas pula.
Inilah sebagian tanda kekuasaan Allah SWT bagi orang-orang yang berfikir, agar seseorang hamba Allah yang telah diberikan kelebihan rezeki dapat berbagi dan saling kasih mengasihi dengan saudaranya yang memiliki keterbatasan/kekurangan. Perintah Allah SWT tentang pentingnya zakat maupun acaman bagi orang-orang yang melanggar tentu pun sudah begitu sangat jelas dan detail di dalam kitab suci Al-Qur`an.
Bahkan di dalam beberapa firmanNYA,Alloh SWT juga menjelaskan bahwa perintah Sholat dan zakat sama pentingnya.Hal ini antara lain di terangkan Alloh SWT di dalam Qur`an Surah (QS. Al-Baqarah ayat 43 yang artinya “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.
”Di dalam QS. Al-Baqarah ayat 110,Alloh SWT juga dengan jelas memerintahkan “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. Termasuk pula di dalam (QS. Al-Ma’idah [5]: 55) yang artinya, “Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).
Wakil Ketua bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Babel, Muhammad Syamsir mendampingi Ketua Baznas Babel H.Sofyan Tsauri, Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Ali Amran dan juga Wakil Ketua Bidang Administrasi, SDM dan Umum Baznas Babel, M. Arief Maggu, saat ditemui Babel Pos belum lama ini menerangkan bahwa, penyaluran dana zakat di tahun 2018 khususnya juga momentum Ramadhan 1439 H, memang lebih merata. Karena Baznas Babel pun bergandeng tangan dengan Baznas Kabupaten/Kota. Dan terkait untuk kevalidan data penerima manfaat Baznas juga bekerjasama dengan Dinas Sosial/Kabupaten/Kota/Provinsi di Bangka Belitung.
“Di bulan puasa ini bantuan yang sifatnya konsumtif telah kita salurkan kepada lebih dari 4 ribu mustahik dhuafa yang tersebar di 7 kabupaten/kota se Bangka Belitung dengan total dana zakat yang kita salurkan se Babel mencapai 5 miliar. Ini diluar dana zakat yang dikeluarkan untuk beasiswa dan juga biaya berobat,” jelas Syamsir.
Sejumlah agenda penyantunan pun dilaksanakan oleh Baznas Babel yakni antara lain safari gubernur dengan 30 mustahik sekaligus launching 230 marbot se Babel yang berlangsung di Masjid H. Bakri Pangkalpinang. Baksos dengan RSB bagi 75 mustahik di Tanjung Pura. penyerahan dana zakat dan buka puasa bersama dengan Wakil Gubernur Babel dan juga Sekda Babel, satunan dengan Ikatan Tunatera Muslim Indonesia (ITMI) dan masih banyak lagi lainnya.
“Diharapkan dari dana zakat ini yang diserahkan oleh Baznas ini semoga dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat. Dan sekaligus dapat makin memotivasi bagi para muzaqqi (wajib zakat) untuk semakin sadar akan kewajibannya membersihkan hartanya melalui zakat. Karena dengan berzakat secara resmi inilah yang sekaligus akan membantu tugas pemerintah dalam rangka mempercepat pengetasan kemiskinan dan kebodohan di Indonesia khususnya juga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” dorong Syamsir lagi. (lya)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: