banner 728x90

Safari Jumat Bupati, Warga Desa Bantan Keluhkan Hasil Pertanian

MEMBALONG – Sekretaris  Desa Bantan Kecamatan Membalong, Gunawan mengeluhkan hasil pertanian berkurang dan hasil perkebunan yang kurang memadai. Itu dikarenakan besarnya modal dan biaya yang dikeluarkan tidak sepadan dengan hasil didapat.

Hal ini disampaikan Gunawan di Mesjid Hidayah, Desa Bantan, 25 kilometer dari pusat Kota Tanjungpandan dalam rangka Safari Jum’at Bupati Belitung pada Jum’at 7 Juli 2017. “Menurut warga gulma, hama dan saluran irigasi sehingga hasil yang didapat tidak sesuai,“ ujar Gunawan.

Mayoritas warga Bantan yang bermukim di tiga dusun, berprofesi di sektor pertanian dan perkebunan. Desa Bantan memiliki luas 114,75 kilometer persegi  yang  terdiri dari lahan pertanian, perkebunan, Hutan Lindung dan Hutan Produksi, pemukiman.

Menanggapi hal tersebut Bupati Belitung, H. Sahani Saleh mengkaitkan dengan keberhasilan pertanian Vietnam yang mampu meningkatkan produksi lada. Walaupun lahan terbatas yakni dengan menggunakan tanaman hidup sebagai junjungannya. Dengan “Belajar dari pengalaman saat mengunjungi lahan pertanian di Vietnam, hasil pertanian ini bisa ditingkatkan. Di sana pohon lada bisa menghasilkan 7-8 kilo,” kata Bupati.

Sementara untuk menghasilkan produksi pertanian, Dinas Pertanian telah membangun demplot untuk memantau pertumbuhan tananaman, memasyarakatkan tanaman lada perdu, pelatihan dan penyuluhan  Februari 2017 lalu. Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono, Wakil Bupati Belitung (Erwandi) bersama masyarakat juga sempat melaksanakan panen raya padi sawah kelompok tani  Karya Makmur, di Desa Bantan. Dengan luas lahan yang dipanen 30 hektar dihasilkan 4,2 ton/hektar . Untuk  ukuran sawah di wilayah Belitung, hasilini cukup baik setidaknya membuat warga tidak tergantung pasokan dari luar desa Bantan.

Pada Safari Jum’at yang dikoordinir oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Belitung diberikan bantuan berupa 10 gulung karpet dan 1 unit vacum cleaner kepada Pengurus Mesjid Al Hidayah, desa Bantan, kecamatan Membalong.

Kegiatan Safari Jum’at Bupati Belitung  dilaksanakan usaia ziarah ke makam pendiri kota Tanjungpandan, Depati Cakraningrat VIII KA Rahad. Khotbah dalam Safari Jum’at yang disampaikan oleh Drs. Rahmansyah dan dihadiri pula oleh Wakil Bupati Drs Erwandi A.Rani,  Ketua DPRD Taufik Rizani, Amd,  Wakil Ketua DPRD Budi Prasetyo, Dandim 0414 Letkol Kav Eko Saptono, Wakapolres Belitung, Kepala OPD dan jajarannya (buletinbelitong/fiet)

Related Search

Tags:
author

Author: