banner 728x90

Sanem V Raja Berekor

banner 468x60

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh atau yang biasa disapa Pak Sanem, ternyata memiliki cerita tersendiri ketika berkisah tentang mitos Raja Berekor. Menurut Pak Sanem, kisah Raja Berekor ini memang sekedar mitos yang melegenda, karena belum ada referensi mengenai sejarah yang pasti soal kiash Raja Berekor.

Terlepas dari masalah tersebut, Pak Sanem memiliki cerita unik dan mengesankan. Pada saat dirinya duduk di bangku STM (Sekolah Teknik Menengah)- sekarang SMK, pernah memerankan kisah Raja Berekor. “Iya waktu STM saya jadi Raja Berekor,’’ ujarnya singkat saat BE mewancarai usai acara di Tanjungkelayang, pekan lalu.

banner 300x250

Bupati mengatakan, drama ini sangat luar biasa. Drama tersebut menceritakan tentang legenda rakyat Belitung pada masa lalu. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui kebenarannya.

“Ini hanya cerita rakyat atau biasa disebut dengan dongeng. Legenda ini menceritakan tentang seorang raja yang kejam pada rakyatnya. Dia mensiksa rakyat dan juga merampas hasil bumi termasuk timah milik masyarakat,” kata Pak Sanem.

Akibat kebengisan dan ketamakan sang Raja, hingga akhirnya masyakat geram dan ingin membunuh raja. Namun, setelah direncakan dengan matang, akhirnya raja buntut ini berhasil dibunuh oleh salah satu wanita dengan mengunakan Kayu Simpor.

“Berbagai versi cerita ini. Ada yang bilang dibunuh di Sungai Cerucuk. Ada juga dibunuh saat di pesta. Namun, untuk mayatnya tetap dilabuh di Sungai Cerucuk Badau. Setahu saya ada dua kali acara selanjutnya di pihak laki-laki,” cerita Bupati Belitung.(kin)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Sanem V Raja Berekor,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: