banner 728x90

Santri TPA, Rico dan Ellen Terima Rp 4 Juta

banner 468x60

Bupati Beltim menyerahkan uang pembinaan kepada Rico santri terbaik se kabupaten beltim

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Rico Saputra (10) dan Ellen Fitri Amelia (8), Santri dan Santriwati Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Terbaik se-Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menerima uang penghargaan sebesar Rp 4 juta. Uang diserahkan langsung oleh Bupati Beltim, Yuslih Ihza dalam acara Pembagian Insentif Guru TPA se-Kabupaten Beltim, Rabu (13/9) di Auditorium Zahari MZ.

banner 300x250

Selain Rico dan Ellen, Bupati juga menyerahkan Uang Penghargaan bagi santri/wati terbaik dari tiap kecamatan, tiga ustad/ustadzah Terbaik dan tiga TPA Terbaik se-Kabupaten Beltim.

“Uangnya untuk beli sepatu sama baju sekolah. Sisanya beri untuk orang tua,” kata Rico kepada Diskominfo Beltim.
Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Kecamatan Simpang Renggiang ini berhasil menjadi santri dengan nilai ujian kelulusan TPA tertinggi se-Kabupaten Beltim. Uang pembinaan total Rp 4 juta didapat dari, Rp 2,5 juta dari santri terbaik se Kabupaten Beltim dan Rp 1,5 juta dari santri terbaik se-Kecamatan Simpang Renggiang.“Mual la senang, kan dak sua dapat duit segini. Bapak kan umak kerjenya cuman ke ume kan utan,” ucapnya polos.

Sementara itu, Ellen mengaku belum tau akan diapakaan uangnya. Siswi Kelas 4 SD Negeri 26 Desa Kelubi Kecamatan Manggar terlihat bingung saat ditanya rencana penggunaan uangnya. Dak tau buat apa, ditabung untuk biaya sekolah ajak la,” jawab Ellen.

H. Miftah, Staf Bagian Kesejahteraan Masyarakat dan Sosial Sekretrariat Daerah mengungkapkan para santri/wati terbaik yang menerima uang pembinaan merupakan santri yang berhasil memperoleh nilai tertinggi dalam ujian kelulusan dari tiap kecamatan.

“Sebenarnya mau dibagikan pas wisuda santri beberapa waktu lalu, ini jadi kita gabung sama pembagian insentif guru TPA,” ungkap Miftah.

Untuk pemenang ustad/ustadzah dan TPA terbaik, merupakan hasil survey Badan Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an dan Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) Kabupaten Beltim serta Bagian Kesra. Tim memutuskan mengambil 3 orang terbaik dan 3 TPA terbaik.

“Ustad/ustadzah terbaik I Rp 2 juta, terbaik II Rp 1,5 juta dan terbaik III Rp 1 juta. Sedangkan untuk TK/TPA terbaik I Rp 4 juta, terbaik II Rp 3 juta, dan Terbaik III Rp 2 juta. Total seluruh uang pembinaan Rp 29 juta,” terang Miftah.

Bupati Beltim dalam sambutannya berharap dengan adanya uang pembinaan baik para santri, guru, dan institusi TPA akan lebih termotivasi untuk meningkatkan dan mengamalkan ilmu Agama Islam khususnya dalam bidang baca tulis Al-Qur’an.

“Kita ingin Kabupaten Beltim bebas dari Buta Aksa Al Qur’an. Dengan adanya uang pembinaan anak-anak kita yang menuntut ilmu di TPA dapat menjadi lebih semangat, juga guru-guru dan TPA-nya,” kata Yuslih.

Dalam kesempatan itu juga Bupati secara simbolis membagikan insentif guru TPA kepada 505 orang guru. Pembagian insentif merupakan wujud apresiasi Pemkab Beltim kepada guru-guru TPA atas dedikasi dan pengabdiannya.

“Harapan saya, bapak ibu tidak melihat dari segi nominalnya. Namun lebih dari itu, saya yakin semua mengajar TPA karena niat ibadah, InsyaAllah pahala yang ibu dapat jauh lebih besar manfaat dari insentif,” ujar Yuslih.

Terkait keterlambatan pembagian insentif, Mantan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung ini meminta agar jangan dijadikan masalah yang berkelanjutan. Adanya perubahan SK guru-guru TPA, dan aturan harus memiliki nomor rekening bagi setiap guru membuat pembayaran insentif terhambat.

“Saya menghimbau kepada seluruh guru TPA agar dapat mengerti, memahami kondisi dan situasi ini. Saya harap persoalan keterlambatan pembagian insentif tidak akan jadi masalah yang berkepanjangan,” pintanya.

Sebanyak 505 orang Guru Taman Pendidikan Anak-Anak (TPA), se-Kabupaten Beltim menerima insentif, sebesar Rp 1,8 juta. Insentif ini untuk pembayaran 6 bulan, per bulannya setiap guru TPA di Kabupaten Beltim menerima Rp 300 ribu. Pencairan insentif dilakukan setiap 6 bulan sekali. (@2!/Diskominfo Beltim)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: