banner 728x90

Satgas Saber Pungli Beltim Dikukuhkan

beltim-edisi-07-maret-2017-pengukuhan-saber-pungli

Bupati Beltim, Yuslih Ihza, SE mengukuhkan Unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Beltim, di Auditorium Zahari Mz, Senin (6/3) kemarin.

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza,SE mengukuhkan unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Beltim yang dilaksanakan di Auditorium Zahari MZ, Senin (6/3) kemarin.  Pengukuhan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Beltim, Burhanudin, Kajari Beltim, Widagdo SH, Plt Sekda Beltim, Evi Nardi, Forkominda, Kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa se Beltim serta undangan dan anggota unit Saber Pungli Beltim.  Pada kesempatan itu Yuslih mengatakan bahwa unit Saber Pungli ini dikukuhkan atas perintah Presiden RI sesuai dengan Perpres nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli.

iklan swissbell

“Maraknya kegiatan pungutan liar di Indonesia dirasakan sudah sangat memprihatinkan dan menjadi perhatian pemerintah. Kegiatan Pungli ini ?sudah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu pemerintah memandang perlu melakukan upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera,” ungkap Bupati Beltim saat menyampaikan sambutannya di hadapan undangan lainnya.

Menindaklanjuti hal tersebut Pemkab Beltim melakukan tindakan tegas, yang dituangkan dalam surat keputusan Bupati Beltim nomor 188.45-101 tahun 2016 tanggal 26 Januari 2017 tentang pembentukan unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Beltim yang hari sudah dikukuhkan bersama.

Dikatakan Bupati bahwa dalam menjalankan tugasnya unit Satgas Saber Pungli Beltim melakukan pengawas secara berkesinambungan untuk mencegah dan menghapus Pungli, khususnya pada area perizinan, bantuan hibah dan sosial, Kepegawaian, dana Desa, pelayanan publik, penggadaan barang dan jasa serta kegiatan lain yang memiliki resiko penyimpangan.  “Dukungan masyarakat sangat diharapkan dalam membantu Satgas Saber Pungli Beltim melakukan tugasnya. Masyarakat dapat berperan serta dalam memberantas pungli baik secara langsung atau pun tidak langsung melalui media elektronik atau non elektronik, dalam bentuk pemberian informasi, pengaduan, pelaporan, atau bentuk lainnya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” sebut Yuslih.

Pemda Beltim menurutnya sangatlah mendukung penuh adanya Satgas Saber Pungli ini, guna optimalnya kinerja Satgas Saber Pungli paling lambat tanggal 5 setiap bulannya Inspektur Beltim sudah harus melaporkan hasil pengawasan kepada Menteri Dalam Negeri melalui aplikasi pelaporan yang telah disediakan.  “Mari kita tunjukan dan dedikasi kita sebagai Aparatur Sipil Negara yang mendukung pemberantasan pungli seta bersama sama kita wujudkan Kabupaten Beltim yang bersih dari pungli,” tegas Yuslih.

Pengukuhan Satgas Saber Pungli. Ini diketuai (Ketua Pelaksana) oleh Wakapolres Beltim,  Kompol. Joko Triyono, dengan Wakil I, Kepala Inspektorat Beltim, Wakil Ketua II Kasi Intel Kejari Beltim dengan anggota sebanyak kurang lebih 38 orang yang terbagi dari beberapa Instansi yang ada di Kabupaten Beltim.

Sementara itu, Ketua Satgas Saber Pungli Beltim, Wakapolres Beltim, Kompol, Joko Triyono, S.ik usai pengukuhan mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan kembali berkoordinasi dengan pihak Pemda dan anggota lainnya.  “Kita akan kembali berkordinasi dengan pihak Pemda dan anggota Pokja Satgas Saber Pungli lainnya, Guna membahas beberapa yang akan ?kita siapkan, seperti masalah anggran, penindakan, himbauan dan lainnya,” jelas Wakapolres Beltim. (feb)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: