banner 728x90

Sebut Kenaikan Harga Masih Normal

   PANGKALPINANG – Memasuki satu pekan awal bulan suci ramadhan, harga bahan pokok mulai mengalami kenaikan harga. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Bagian Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Disperindakop) dan UMKM Kota Pangkalpinang, Eka Subhi.
    Namun kenaikan harga beberapa bahan pokok ini masih dianggap wajar oleh Eka, karena kenaikan harga tersebut tidak terlalu signifikan. “Kenaikan harga ini masih wajar-wajar saja, masih normatif dan tidak semua bahan pokok yang mengalami kenaikan. Stok kita juga masih cukup untuk beberapa bulan kedepan,” katanya saat ditemui Rabu (24/6) kemarin.
    Lanjut Eka, tim pengawas dari Disperindagkop akan turun langsung pasa, guna memantau harga kebutuhan pokok selama bulan ramadhan dan menjelang hari raya nanti. “Tim pengawasan kami setiap dua minggu sekali akan langsung turun kepasar-pasar untuk langsung mengecek dan membandingkan semua harga bahan pokok, jadi kita akan tahu apa-apa saja yang naik dan yang turun dan kita juga bisa mengetahui stok bahan pangan kita selama ramadhan dan menjelang lebaran nantinya, ” jelasnya.
    Kata dia, ada beberapa kebutuhan pokok naik signifikan, seperti cabe merah keriting dari Rp 40 ribu/kg naik menjadi Rp 41,5 ribu/kg, cabe merah biasa Rp 41,5 ribu/kg jadi 42,5 ribu/kg, bawang merah dari 35 ribu/kg menjadi 36 ribu/kg ini sebutnya, merupakan harga rata-rata pasar.
    Namun, ada beberapa yang mengalami penurunan harga, seperti Daging sapi dari Rp 110 ribu/kg jadi Rp 108 ribu/kg, cabe rawit merah 40 jadi jadi Rp 33 ribu/kg. “Harga beras tetap stabil Rp 11 ribu, gula pasir Rp 12 ribu/kg tidak ada kenaikan. Pokoknya belanjalah sesuai dengan kebutuhan jangan menuruti keinginan, itu salah satu cara menjaga supaya stok dan harga barang tetap stabil,” tukasnya. (tya)

Related Search

Rate this article!
author

Author: