banner 728x90

Sedekah di Bulan Suci

banner 468x60

Oleh : Suargo
( Ketua IKADI Bangka Belitung )

Dari Ibnu Abbas berkata,” Rosulullah SAW adalah orang yang paling dermawan dan sesungguhnya beliau paling dermawan pada saat bulan ramadhan. Ketika Jibril dating menemui beliau pada tiap-tiap malam ramadhan untuk mentadaruskan Alquran, Rosulullah SAW lebih dermawan daripada angin yang bertiup bebas ( HR Bukhari-Muslim)

banner 300x250

F-Suargo-oke

TIDAK semua orang mukmin untuk gemar berinfaq dan bersedekah untu mengikuti teladan Rosulullah SAW karena manusia diciptakan dengan tabiat cinta harta dan sangat bakhil seperti firman Allah SWT :” dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta.” ( Al ‘Aadiyat:8),
Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir, apabila ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir.” ( Al Ma’arij: 19-12)
Mengusir kekikiran dari jiwa memerlukan usaha maksimal dan latihan terus menerus, karena harta yang ditangannya bisa jadi fitnah bagi dirinya, membelenggu dirinya untuk mendapatkan kebahagiaan diakherat. Untuk menyemangati diri kita bahwa harta kita harus diletakkan ditangan untuk dimanfaatkan pada jalan yang benar, karena harta benda itu sifatnya semu. Harta benda akan bisa kekal dibawa ke akherat adalah harta yang disedekahkan. Allah berfirman :” Dan Ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya disisi Allah-lah Pahala yang besar( Al Anfal :28 ),
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir:seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang dia kehendaki.Dan Allah Maha luas kurnia-Nya lagi Maha Mengetahui (Albaqaroh:261)
Sudah banyak orang yang bersedekah dibalas langsung oleh Allah SWT beberapa kali lipat, atau mungkin juga tidak langsung dibalas dengan nilai materi, namun dibalas dalam bentuk kenikmatan lainnya seperti sembuhnya penyakit, dielakkan dari musibah oleh Allah SWT dan lainnya. Seperti halnya dikisahkan, seorang pria tukang bubur begitu ngebet ingin naik haji. Tak cuma dirinya, namun juga istri dan ibunya. Namun sayangnya pekerjaan tukang bubur sampai kapan pun tak kan pernah bisa memberangkatkan mereka haji, begitu kata si pria. Meskipun demikian, sang tukang bubur tetap konsisten sambil meminta doa sang ibu, tak lupa pula ia juga menyedekahkan sebagian rezekinya.
Tukang bubur naik haji, sebuah kisah nyata keajaiban sedekahSelain memberikan, sedekah rutin berupa bubur dan uang, sang pria juga pernah memberikan semua buburnya ke sebuah rumah yatim. Di saat yang bersamaan, ternyata si pria juga sudah memiliki tabungan haji. Keajaiban pun terjadi ketika ia hendak menyetorkan uang ke bang. Siapa yang menyangka ia memenangkan sebuah mobil. Dan berita bagusnya, mobil tersebut bisa ditukar dengan ongkos naik haji untuk beberapa orang.Pria tukang bubur ini pun berangkat dan bersama-sama dengan istri dan ibunya. Allahu Akbar.
Betapa mulianya orang-orang yang menyisihkan harta benda, waktu dan umurnya untuk mengasihi orang orang-orang yang bernasib malang dan menderita. Bulan suci ini jangan dilewatkan untuk mengasihi anak-anak yatim, orang miskin.
Hindarilah kelaparan dan kehausan dihari yang dasyat diyaumul akhir dengan bersedekah kepada kaum fakir miskin karena Allah SWT sebaik-baik pelindung pada hari itu.
Ingatlah pesan Rosulullah SAW ketika beliau bersabda : “ aku bersama pengasuh anak yatim disurga laksana dua jari ini, kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya lalu membukannya.” ( HR.Bukhari,Turmudzi dan Abu daud).Wallahua’lam.

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Sedekah di Bulan Suci,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: