banner 728x90

Sejak Berdiri Beltim, Miliki 193 Perda

banner 468x60

MANGGAR – Kabupaten Belitung Timur (Beltim) sejak berdiri menjadi kabupaten pemekaran sudah merumuskan sebanyak 193 Peraturan Daerah (Perda), yang dimulai sejak tahun 2005 silam hingga kini Oktober 2015.

 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Hukum Setda Beltim, Amrullah saat ditemui harian ini Jumat (10/9) pagi di ruang kerjanya. Ia mengatakan, di penghujung tahun 2015 ini, juga ada delapan Perda yang sudah diundangkan, dengan rincian ada tiga raperda yang sudah disampaikan ke DPRD Beltim.

banner 300x250

 

“Di tahun 2015 ini ada delapan perda yang sudah diundangkan dan ada tiga Raperda yang sudah disampaikan ke DPRD Beltim melalui pihak Eksekutif. Tiga Raperda tersebut adalah, raperda tentang Pilkades serentak, raperda tentang pakaian, rumah dan pengantin adat, serta raperda tentang pengelolaan barang milik negara,” jelas Amrullah.

 

Dari 2005 lalu, pada setiap tahunnya Kabupaten Beltim, merumuskan paling sedikit tujuh perda dan paling banyak di tahun 2006, dengan mengesahkan 33 perda.

 

“Tahun 2006 lalu, kita (Beltim, red) paling banyak merumuskan 33 perda karena pada waktu itu, Kabupaten ini baru berjalan dan baru terbentuk pemerintahan yang langsung dipimpin oleh Bupati definitif,” tambahnya.

 

Pada tahun 2015 ini sudah banyak perda yang disosialisasikan ke masyarakat melalui Pemkab Beltim. Di antaranya, menyangkut layak hidup masyarakat, yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan, seperti perda baca tulis Al-quran, perda Tibum, perda zakat, infaq dan sadakoh.

 

“Disosialisasikannya perda -perda tersebut bermaksud agar masyarakat tahu dan mengetahui adanya perda yang dikeluarkan oleh Pemerintah kabupaten. Juga bertujuan bisa mempercepat pelaksanaan perda tersebut,” terang Amrullah.   (feb)

 

 

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: