banner 728x90

Sejumlah Desa Siapkan Lahan Rumah Keamanan

banner 468x60

TANJUNGPANDAN-Sejumlah desa di Kabupaten Belitung sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah keamanan desa sejak jauh-jauh hari. Untuk luas lahan bangunan berpariasi di setiap desanya.

Seperti Desa Pegantungan Kecamatan sudah menyiapkan lahan seluas 12X17 meter sejak tahun 2009 lalu. Pembangunan rumah keaman desa lokasinya berada di RT 05 Dusun Pegantungan.

“Pada prinsip nya demi keamanan desa dan memudahkan kinerja pihak penegak hukum tentu kami sangat mendukung,” ujar Kepala Desa Pegantungan Ahit Kamis (16/3) kemarin.

banner 300x250

Menurut Ahit, adanya pembangunan rumah keamanan desa tersebut dapat menjaga keamanan di tingkat desa agar tetap kondusif. Selain itu, pelayanan kepada masyarakat akan semakin cepat serta dapat menekan angka kriminalitas.

“Kemungkinan pada tahun depan kita akan mengundang Kapolres untuk acara peletakan batu pertama Rukan dan juga mengundang Bupati untuk peletakan batu pertaman bangunan kantor desa,”tukasnya.

Senada halnya diungkapkan Kades Dukong Kecamatan Tanjungpandan Zainal. Dengan adanya rumah keamanan desa, tentu akan memudahkan tugas dari pihak penegak hukum. Selain itu, dapat menjaga keamanan desa hingga 24 jam.

“Anggota dari pihak keamanan bisa menetap sehingga permasalahan yang kecil. Sekiranya bisa di selesaikan di tingkat desa tidak mesti harus ke kantor kepolisian,”Kata Kades yang terpilih sebanyak 3 kali ini.

Kata Zainal, Desa Dukong juga, sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah keamanan desa seluas 15×12 meter, yang lokasinya berada di belakang kantor desa.

“Untuk tahun ini kami belum bisa membangunnya karena semua kegiatan sudah tersusun di RKPDes dan sudah di evaluasi di kecamatan,”ujarnya.

Sementara itu, Kades Pelepak Pute Kecamatan Sijuk Anang Jailani saat di hubungi Belitong Ekspres mengatakan, untuk lahan rumah keamanan desa pihaknya, juga sudah menyiapkan lahan sejak jauh-jauh hari seluas 10×10 meter.

“Selama itu tidak menyalahi aturan tentunya kami sangat mendukung sekali dan lahan tersebut sudah kami siapkan apa lagi itu untuk menjaga keamanan di desa. Namun pada tahun ini kami belum bisa melaksanakanya karena semua usulan kegiatan sudah lakukan verifikasi di kecamatan,”jelasnya.(rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: