banner 728x90

Selama Tahun 2017, Ini Program CSR IPC Tanjungpandan

banner 468x60

Erika Sudarto
GM IPC Tanjungpandan

 

banner 300x250

TANJUNGPANDAN – Berbagai bantuan kepada masyarakat melalui program CSR dan Bina Lingkungan di Kabupaten Belitung, diberikan PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjungpandan. Kegiatan CSR IPC Pelabuhan Tanjungpandan tersebut dilaksanakan di Negeri Laskar Pelangi selama tahun 2017.
Hal itu disampaikan General Manager (GM) IPC Tanjungpandan Erika Sudarto di acara Media Gathering, Rabu (6/11) kemarin. Kata dia, IPC yang merupakan perusahaan BUMN bergerak di bidang jasa kepelabuhan, harus memahami peran perusahaan sebagai BUMN.
Disamping menghasilkan profit juga berperan penting dalam pembangunan nasional dan daerah. Sebab pelabuhan adalah salah satu indikator perkembangan suatu wilayah, termasuk pelabuhan yang berada kota Tanjungpandan.
“Untuk itu, selain menjalankan peran selaku operator pelabuhan/terminal, IPC khususnya cabang Pelabuhan Tanjungpandan juga memiliki peran atau tanggungjawab sosial terhadap lingkungan sekitar,” ujar Erika.
Lebih lanjut kata Erika, selama tahun 2017 pihaknya mengadakan beberapa kegiatan kemasyarakatan. Di antaranya pembagian takjil kepada penumpang kapal cepat, safari ramadhan dan penjualan paket sembako murah. Pembagian Ta’jil, kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun, sebagai bentuk apresiasi IPC Tanjungpandan kepada pengguna jasa. Untuk safari ramadhan, mudah-mudahan terjalin hubungan baik, antara perusahaan dan seluruh stakeholder. Sehingga mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan dan daerah.
“Program safari ini sebenarnya merupakan implementasi program Kementerian BUMN, diwujudkan dengan berbuka puasa bersama dan memberikan ‘Tanda Cinta’ kepada 50 orang anak yatim/piatu. Itu berupa 50 paket bantuan pendidikan, seperti tas, buku, alat tulis dan uang saku. Semoga dapat meringankan dan membantu belajar anak-anak. Sedangkan penjualan paket dembako murah diadakan dalam rangka menghadapi lebaran. Dalam paket berisi beras, minyak goreng, susu, mentega dan gula pasir. Jumlah paket tersedia ada 1.000,”terangnya.
“Untuk harga sebenarnya satu paket sembako murah Rp.200 Ribu, dan dijual seharga Rp50 Ribu. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian IPC dan tanda CINTA terhadap masyarakat sekitar. Bantuan tersebut diharapkan mampu meringankan beban masyarakat menghadapi lebaran. Dan memberikan kemaslahatan kepada IPC Tanjungpandan,” sambungnya sembari mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan kepada Korban Banjir Bulan Juli lalu.
Tak hanya itu pada peringatan HUT RI ke 72, sebut Erika, IPC Tanjungpandan juga memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada 25 siswa-siswi dari tingkat SD, SMP dan SMA melalui program CSR. Program ini juga sebagai ‘Tanda CINTA’ dari IPC dan ‘BUMN Hadir untuk Negeri’. IPC Tanjungpandan ingin berkontribusi terhadap dunia pendidikan di kabupaten Belitung dalam kontribusi mencerdaskan anak bangsa.
“Rangkaian HUT RI ke 72 adalah manifestasi dari nilai-nilai perusahaan yang juga disingkat dengan kata ‘CINTA’. Yang merupakan akronim dari nilai-nilai PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Customer Centric, Integrity, Nationalism, Team Work dan Action. Salah satu poin ini, yaitu Nationalism, dimana IPC Tanjungpandan ingin menumbuhkan semangat mencintai Negara dan Bangsa. Serta berperan mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan nasional,” terangnya.
Erika menambahkan, pada pawai pembangunan lalu, pihaknya juga ikut berpatisipasi, di Kabupaten Belitung sebagai peserta kategori mobil hias. Dikesempatan ini, IPC Tanjungpandan membuat hiasan dengan tema ‘Kapal Petikemas’ yang memang throughput petikemas di pelabuhan Tanjungpandan juga sedang mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal ini sejalan dengan pelayanan kapal peti kemas yang dilaksanakan di pelabuhan Tanjungpandan.
“Ini untuk mengedukasi masyarakat tentang perubahan pola pengiriman barang. Supaya semakin banyak barang-barang dari dan ke Belitung di delivery dalam kemasan Peti Kemas, ujar Erika sambil menyebutkan pada Hari Raya Idul Adha 1438 H, IPC Tanjungpandan juga memberikan bantuan 5 ekor hewan Qur’ban untuk masyarakat sekitar perusahaan. Yang diserahkan ke 5 masjid disekitar kota Tanjungpandan, yaitu Masjid Al-Mabrur, Masjid Jabal Nur, Masjid At-Taqwa Muhammadiyah, Masjid Al-Ihram, Surau Al-Muqorrobin.
Lanjut Erika, bantuan hewan kurban itu sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas keberlangsungan dan bentuk tanggungjawab sosial perusahaan. Sehingga pada Idul Adha tahun ini IPC kami dapat berbagi daging kurban untuk masyarakat sekitar dan kaum yang membutuhkan. “Kesempatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat lingkungan sekitar. Semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan semakin mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas karunia yang telah diberikan,” pungkasnya.(wan)

 

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: