banner 728x90

Selesai Renovasi, Pasar Manggar Siap Ditempati

banner 468x60

Pasar Lipat Kajang setelah direnovasi

 

banner 300x250

MANGGAR – Renovasi Pasar Lipat Kajang Manggar dipastikan telah selesai. Dalam waktu tidak terlalu lama, pedagang pasar akan kembali menempati petak dan plang pasar yang berada di pusat perekonomian kota Manggar tersebut.
Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Beltim Syahrial menyatakan sebelum dipindahkan pedagang akan didata ulang agar tidak ada yang saling klaim tempat.
Selain itu, bagi pedagang yang masih memiliki tunggakan sewa plang sebelumnya tetap diminta pelunasan terlebih dahulu. Kabarnya, beberapa pedagang pasar Lipat Kajang saat dipindahkan ke pasar Mekar Jaya memiliki tunggakan sewa cukup besar.
“Sebelum ditempati, kami akan undang rapat pengurus asosiasi pedagang Pasar Lipat Kajang. Salah satu yang akan dibahas adalah pembayaran sewa plang pedagang yang belum dibayarkan saat pindah dulu,” ujar Syahrial, Kamis (4/1) kemarin.
Menurut Syahrial, pelunasan sewa plang adalah kewajiban pedagang sehingga tidak ada alasan untuk melalaikannya. Sebenarnya, uang sewa plang tidak terlalu berat namun beberapa pedagang yang tidak berjualan seringkali abai terhadap kewajiban mereka.
“Jualan tidak jualan, sewa plang tetap harus mereka bayar. Inikan juga PAD kita, dengan mereka membayar sewa plang. Sebenarnya tidak terlalu mahal, tapi sebelum mereka pindah harus dilunasi dulu,” tegas Syahrial.
Ia juga menjelaskan, renovasi pasar Lipat Kajang bertujuan memfungsikan pintu kiri kanan pasar yang selama ini tidak digunakan. Dengan kondisi saat ini, pasar Lipat Kajang akan memiliki empat pintu utama yang sama-sama memudahkan akses bagi penjual dan pembeli.
Plang pedagang juga diatur agar semua posisi dagangan mudah dijangkau pembeli. Syahrial mengatakan, rapat yang mengundang asosiasi pedagang juga akan membahas rencana teknis pemindahan para pedagang ke Pasar Lipat Kajang.
Ada sejumlah opsi pemindahan yang ditawarkan yakni apakah akan ada pengundian posisi lapak yang baru atau berdasarkan posisi lapak yang lama. Selain itu, akan ada pula penyesuaian posisi para pedagang ikan dan daging yang akan disatukan di satu posisi yang selama ini tidak ditempati pedagang. “Karena kalaupun ikan dan daging di situ, di mana pun akan dicari orang,” kata Syahrial.
Pantauan di lapangan, bangunan Pasar Lipat Kajang tampak telah rampung. Didominasi cat putih variasi hijau tak tampak lagi aktivitas pekerja di pasar tersebut. Berlantai keramik putih, pasar tersebut direnovasi dengan total biaya Rp. 3,75 Miliar oleh PT Bahana Grida Nusantara. (msi)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: