banner 728x90

Seluruh Pemdes Diberikan Pembinaan

pembinaan-Pemdes

Suasana Kegiatan Pembinaan Kepada Pemerintahan Desa Selasa (25/7) Kemarin, di ruang Rapat Pemkab Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (DPPKBPMD) memberikan pembinaan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) se Kabupaten Belitung, Selasa (25/7) kemarin.

Kegiatan pembinaan pemerintah desa yang bertempat di ruang pertemuan Pemkab Belitung ini, rencananya akan digelar selama dua hari mulai tanggal 25 sampai 26 Juli 2017. Kegiatan ini diikuti sebanyak 42 orang Kepala Desa (Kades) maupun perwakilan se Kabupaten Belitung.

Pada kesempatan tersebut ada beberapa poin materi yang disampaikan seperti pengawasan pembangunan dan pertanggungjawaban keuangan dana desa, proses pencairan, pemanfaatan, dan penyaluran dana desa (APBN). Selain itu, para Kades ini juga ditekankan untuk penguatan fungsi Babinkamtibmas dalam penyelenggaraan ketertiban masyarakat desa.

Kepala Desa Badau Kecamatan Badau Hermawan kepada Belitong Ekspres mengatakan, pada prinsipnya pihaknya menyambut baik dan mendukung acara pembinaan pemerintah desa tersebut.

“Pada dasarnya saya menyambut baik kegiatan ini. Dan memang kepala desa maupun perangkat desa harus terus diberikan pembinaan maupun ilmu yang baik dalam menjalankan roda pemerintah,” ujar hermawan.

Menurut hermawan, pemerintahan desa merupakan ujung tombak pemerintahan dari tingkat bawah sampai tingkat atas secara srukturnya. Dimana, pemerintah desa bersentuhan langsung dengan aspek-aspek sosial ke kemasyarakatan.

“Kegiatan semacam ini harus rutin dilaksanakan dan mudah-mudah ilmu yang sudah didapatkan bisa diterapkan dan ter realisasi dengan baik di masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Kabid Pemerintahan desa (DPPKBPMD) Wigman Ws Muktie mengatakan, kegiatan pembinaan kepada pemerintahan desa ini, merupakan agenda yang sudah terjadwal dilaksanakan setiap tahunnya dengan menggunakan dana APBD.

“Yang jelas kita ingin mengevaluasi kegiatan-kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa termasuk keuangan dana desa sampai sejauh mana penyerapan anggaran tersebut,” ujar Wigman.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebab pada penyerapan anggaran di semester pertama ini masih ada beberapa desa yang proses pencairanya belum terealisasi. (rez)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: