banner 728x90

Semangat Dekranasda Beltim  Membangkitkan Para Pengrajin 

Foto bersama Ny. Susy Siswari Yuslih Ihza selaku ketua Dekranasda Kabupaten Beltim.

 

Ny Susy Siswari menerima cinderamata.

Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan Dekranasda Kota Makassar.  Hal ini sebagai upaya meningkatkan wawasan di bidang kerajinan agar dapat bersaing dengan baik.
Kunjungan yang dilakukan rombongan Dekranasda Kabupaten Beltim ke Kota Makassar diketuai Susy Siswari Yuslih Ihza selaku ketua Dekranasda Kabupaten Beltim didampingi Ketua Harian Liatim, Wakil Ketua Harian Anini Ikhwan Fahrozi, Sekretaris Rita Ratnasari, Ketua Bidang Manajemen Usaha Erna Kunondo, Mustopa selaku Wakil Ketua Bidang Daya Saing Produk dan Harjono.
Rombongan disambut Sekretaris Utama Dekranasda Kota Makassar Hj. Astuti A.Yasir di Hotel LYNT Makassar, Selasa (8/5) lalu.
Susy Yuslih Ihza mengatakan menghadapi MEA dan membangkitkan para pengrajin di Beltim, Dekranasda Beltim memiliki berbagai program kegiatan, diantaranya melaksanakan promosi dan pameran untuk mengenalkan produk-produk kerajinan binaan Dekranasda Kabupaten Beltim hingga melakukan pemasaran produk kerajinan.
Kemudian mengoptimalkan fungsi kriya (galeri) yang menampung hasil kerajinan Beltim dan melakukan penataan organisasi Dekranasda Kabupaten Beltim.
“Kunjungan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan semangat dan pengetahuan sehingga dapat membawa perubahan positif bagi Dekranasda Kabupaten Beltim,” kata istri Bupati Beltim ini.
Dalam kesempatan itu pengurus Dekranasda Kabupaten Beltim melihat secara langsung proses pengolahan enceng gondok. Peserta pelatihan eceng gondok diikuti oleh perwakilan masing-masing kelurahan se-Kota Makassar yang  terdiri dari tingkat dasar 50 orang dan tingkat mahir sebanyak 50 orang Pelatihnya dari pengurus dekranasda Kota Makassar yang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan kota Makassar dan juga pengrajin eceng gondok.
Lebih lanjut Ny. Susy mengatakan Kabupaten Beltim memiliki sumber daya alam yang besar dan memiliki potensi bagi daerah untuk dikembangkan. Melalui berbagai usaha yang dilakukan serta upaya meningkatkan semangat penguatan kelembagaan dan pengembangan potensi kerajinanan daerah, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Belitung Timur.
Sementara itu, Hj.Astuti A. Yasir mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan pembinaan kerajinan daerah dalam mengembangkan produk kerajinanan daerah dan potensi-potensi yang dimiliki Kota Makassar. Salah satunya melakukan pelatihan kerajinan enceng gondok.
Pertemuan selanjutnya rombongan menuju ke Kriya Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan yang disambut pengurus Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan Yohana Paonganan. Di Kriya ini merupakan gedung Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan yang banyak menjual hasil kerajinan tangan khas Sulawesi Selatan. Rombangan melihat berbagai hasil kerajinan tangan dari seluruh kabupaten kota se-Provinsi Sulawesi Selatan. Diantaranya sarung, dan pakaian adat Sulawesi Selatan.(Vera/Diskominfo Beltim)

Related Search

Tags:
author

Author: