banner 728x90

Semester Pertama 2018, Brio, Mobilio, & HRV Mobil Terlaris Honda

PT Honda Prospect Motor (HPM) menutup semester pertama tahun 2018 dengan raihan penjualan total sebanyak 76.694 unit mobil. Kontribusi terbesar Honda selama 6 bulan tersebut bersumber dari Honda Brio, Honda HR-V dan Honda Mobilio.

Honda Brio Satya merupakan penjualan tertinggi untuk Honda di paruh pertama tahun ini, dengan total sebesar 23.475 unit atau 30 persen dari total penjualan Honda. Meskipun segmen LCGC secara total mengalami penurunan sebesar 5 persen, namun penjualan Honda Brio Satya naik 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Honda Brio Satya sendiri mengambil 20 persen pangsa pasar di segmen LCGC.

Sementara itu, Honda Brio RS mencatat penjualan sebanyak 5.887 unit atau naik 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Model ini berkontribusi sebesar 8 persen terhadap total penjualan Honda sekaligus meraih pangsa pasar 33 persen di segmen City Car.
Semester Pertama 2018: Brio, Mobilio, dan HRV Mobil Terlaris Honda
Honda HRV (Istimewa)

Kontribusi besar untuk penjualan Honda juga datang dari Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 15.339 unit atau mencapai 20 persen dari total penjualan HPM, serta berhasil menguasai 29 persen pasar LSUV di Indonesia. Selanjutnya, Honda Mobilio menyumbang penjualan sebanyak 11.718 unit atau mencapai 15 persen dari total penjualan HPM, serta meraih pangsa pasar sebesar 9 persen di segmen LMPV.

Honda Jazz mencatat penjualan sebanyak 5.930 unit dan tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen Hatchback dengan pangsa pasar 34 persen. Sementara di segmen SUV, Honda CR-V meraih penjualan 5.360 unit dengan pangsa pasar 17 persen, sedangkan Honda HR-V 1.8L terjual 2.818 unit dengan pangsa pasar 9 persen.

Selain itu, Honda BR-V terjual 3.021 unit dengan pangsa pasar 6 persen di segmen LSUV, diikuti oleh Honda Civic Hatchback yang terjual 1.390 unit dengan pangsa pasar 8 persen di segmen Hatchback.

Sementara di kategori Sedan, selama Januari – Juni 2018 Honda Civic menjadi market leader segmen Small Sedan dengan penjualan sebanyak 1.017 unit dan pangsa pasar sebesar 72 persen. Salah satu mobil sedan lainnya, yakni Honda City juga menjadi market leader di segmen Mini Sedan dengan penjualan sebanyak 487 unit dan pangsa pasar mencapai 67 persen. Sedangkan Honda Accord di segmen Medium Sedan terjual sebanyak 100 unit dengan pangsa pasar 7 persen.

Produk lainnya yang juga berkontribusi adalah Honda Odyssey sebanyak 131 unit dan Honda Civic Type R sebanyak 21 unit.

Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy memaparkan, “Meskipun pasar di semester pertama tahun ini cukup keras, Honda masih dapat mencapai pertumbuhan positif terutama di beberapa segmen seperti LCGC, City Car dan SUV. Kami optimis dapat mempertahankan tren positif ini di paruh kedua dengan didukung penyegaran produk serta program penjualan dan purna jual yang akan memberikan nilai lebih bagi konsumen.”

(tjb/JPC)

Related Search

Tags:
author

Author: