banner 728x90

Senam Lansia Ceria Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi

Foto bersama pengurus dan anggota Senam Lansia Ceria Desa Lalang seusai penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di Fega Kafe Manggar

Foto bersama pengurus dan anggota Senam Lansia Ceria Desa Lalang seusai penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di Fega Kafe Manggar

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dalam rangka melaksanakan program kegiatan rutin triwulan, panitia Senam Lansia Ceria Desa Lalang Mengadakan penyuluhan kesehatan yang mengangkat tema “Meningkatan kesehatan gigi dan mulut lansia” Ahad (7/7) kemarin. Kegiatan diikuti sekitar 50 orang lansia yang rata-rata berusia antara 50 hingga 70 tahun dari Desa Lalang Kecamatan Manggar dan sekitarnya.

iklan swissbell

Saat membuka penyuluhan kesehatan bagi lansia, Kepala Desa Lalang, Radianta Aldafitri mengapresiasi panitia Senam Lansia Ceria Desa Lalang yang memperhatikan kesehatan lansia. Menurut dia, lansia bukan berarti penurunan aktifitas dan produktifitas.

“Pemerintah Desa Lalang sendiri sangat mendukung kegiatan lansia di Desa Lalang. Dalam rangka mendukung itu kita menyiapkan anggaran untuk membantu kegiatan-kegiatan lansia yang bersumber dari dana desa,” ujar Radianta.

Dikatakan Radianta, angka harapan hidup lansia di Desa Lalang mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

“Kalau persentase penduduk lansia di Desa Lalang mencapai 20 an persen. Makanya menjadi PR bagi pemerintahan desa untuk menghidupkan kegiatan lansia,” sebut Radianta.

Menurut dia, dukungan kegiatan lansia yang diberikan Pemerintah Desa Lalang sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah yang terus menggalakkan kegiatan lansia. Salah satunya adalah perhatian pada Penyakit Tidak Menular yang mengalami peningkatan pada lansia.

“Yang kita tau bahwa pemerintah pusat maupun daerah sedang giat-giatnya menggalakkan lansia dan PTM karena angka penyakit tidak menular semakin meningkat. Dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, harapan usia lebih panjang lagi,” kata Radianta.

Ketua pengurus Senam Lansia Ceria Desa Lalang, Sariati mengatakan perhatian kesehatan gigi dan mulut bagi lansia merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang diminati lansia.

“Jadi diawali dengan keluhan para lansia, kita adakan kegiatan penyuluhan ini. Mereka rata-rata mengalami gigi goyang, sakit gigi bahkan tidak tahu cara gosok gigi yang benar. Kebetulan narasumber kita, bu dokter Fortuna berkenan jadi pembicara,” ungkap Sariati.

Sariati mengungkapkan, usia lansia bukan berarti membatasi aktifitas para lansia. Sebab lansia harus tetap memiliki semangat dan menyenangkan pikiran tanpa harus tertekan.

“Kebanyakan disini memang sudah berstatus sendiri (janda) tetapi bagi yang masih punya suami, kita tetap menyarankan agar mereka meminta izin saat mengikuti kegiatan bersama. Alhamdulillah, sejauh ini semangat mereka (lansia) sangat luar biasa,” ujar Sariati.

Ia berharap, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bagi lansia akan memberikan pemahaman yang baik bagi lansia. Tidak ada ketergantungan yang berlebihan pada orang lain dalam mengurus keperluan diri sendiri.***

Related Search

Tags:
author

Author: