banner 728x90

Sepakati Hari Jadi Kota Manggar, DPRD Beltim Hanya Setujui Satu Raperda

banner 468x60

Penandatangan Kesepakatan Raperda menjadi perda tentang Hari Jadi Kota Manggar, yang akan diperingati setiap tanggal 9 Oktober. Oleh Bupati Beltim Yusli Ihza, dan Ketua DPRD Tom Haryono Harun, yang didampingi Wakil Bupati Beltim Burhanudin, Wakil Ketua I DPRD Jimmy Tjong dan Wakil II Ketua DPRD Beltim, Yohendra, diruang DPRD Beltim, Selasa (12/9) kemarin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Rapat Paripurna XIII Masa Persidangan III Tahun Sidang 2017, tentang pandangan akhir Fraksi DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang diselenggarakan di ruang rapat DPRD Beltim Selasa (12/9) kemarin, akhirnya hanya menyetujui satu Raperda. Raperda tersebut yakni tentang penetapan hari jadi Kota Manggar.

banner 300x250

Dalam rapat paripurna tersebut juga, 6 fraksi DPRD Beltim menyampaikan kesetujuannya dan menyepakati tanggal 9 Oktober 1871 ditetapkan sebagai hari jadi kota Manggar. Itu berdasarkan kepada undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah Hindia Belanda nomor 146 tanggal 9 Oktober 1871 tersebut.

Di undang-undang itu disebutkan sebagai sebuah daerah yang diakui untuk tempat tujuan yang sah bagi orang asing dari bangsa timur. Nah, ini menunjukkan adanya pengakuan pemerintah terhadap Manggar sebagai kesatuan wilayah.

Persetujuan dan kesepakatan Hari Jadi kota Manggar pun akhirnya ditandatangani Oleh Bupati Beltim Yusli Ihza, dan Ketua DPRD Tom Haryono Harun, yang didampingi Wakil Bupati Beltim Burhanudin, Wakil Ketua I DPRD Jimmy Tjong dan Wakil II Ketua DPRD Beltim, Yohendra, dihadapan peserta rapat Paripurna. Dalam rapat itu turut pula hadiri Kapolres Beltim AKBP.Nono Wardoyo, S.ik M.H, Kajari Beltim Widagdo SH, Anggota DPRD Beltim, Forkopimda Beltim dan Kepala OPD terkait lainnya.

Bupati Beltim Yuslih mengucapkan terima kasih kepada segenap Anggota DPRD Beltim yang telah memberikan persetujuan terhadap Raperda Hari Jadi Kota Manggar, meskipun Raperda tentang BUMD tidak disetujui.

“Secara singkat Izinkan saya untuk mengulas kembali tentang Raperda Beltim tentang Hari jadi Kota Manggar. yang telah disahkan. Dengan disahkannya Raperda ini menjadi Perda maka Peraturan daerah Kabupaten Beltim tentang hari Jadi Kota Manggar ini mengatur hal hal yang berkaitan dengan tanggal, bulan dan tahun serta kegiatan apa saja yang mesti dilakukan dalam rangka memeriahkan pelaksanaan peringatan Hari jadi tersebut,” ungkap Yuslih.

Yuslih menambahkan hal ini dimaksudkan agar masyarakat Kota Manggar khususnya dan masyarakat kabupaten Beltim pada umumnya tahu rentetan sejarah awal terbentuknya Kota Manggar. “Oleh Karena itu Kami juga mohon dukungan dan partisipasi segenap anggota DPRD, baik secara politisi kelembangaan maupun moril dapat membantu dalam penyelenggaraan Pemerintah daerah,” tutup Yuslih.(feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: