banner 728x90

Sepiak Belitong Tidak Menyangka Raih Juara di WMM 2018

Owner Sepiak Belitong Bella Kartika Aprilia

TANJUNGPANDAN – Sepiak Belitong berhasil menjadi juara pertama pada kategori Bidang Usaha Kreatif di ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tingkat Nasional 2018, Sabtu (15/9) di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang Jawa Timur.

Sepiak Belitong store yang beralamat di Desa Batu Itam Kecamatan Sijuk, berhasil menyisihkan 67 finalis WMM se-Indonesia pada ajang bergengsi yang digagas oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bank Mandiri. Pada ajang tersebut dilombakan 7 bidang usaha dengan 2 kategori (Mahasiswa dan non Mahasiswa).

Onwer Sepiak Belitong Bella Kartika Aprilia kepada Belitong Ekspres Minggu (16/9) kemarin mengatakan, merasa senang dam bersyukur atas anugrah yang diberikan oleh Allah SWT. Sebab, dirinya tidak menyangka bakal menjadi juara pertama pada ajang WMM tingkat Nasional tersebut.

Oleh sebab itu dia perpesan, kepada anak-anak muda khususnya generasi milenial bahwa hasil yang didapat pada saat ini, merupakan hasil perjuangan yang dikerjakan sejak jauh-jauh hari.

“Jauh sebelumnya saya juga sering jatuh dan gagal dan tidak selalu mendapat hasil yang baik. Karena itu, jangan sampai anak muda sekarang menjadi generasi instan yang tidak mau berjuang atau menjadi generasi yang mudah patah semangat,” pesanya.

Menurut Bella, menjadi pengusaha adalah jalan sunyi yang panjang. Tanpa ada semangat yang kuat, berada di lingkungan dan komunitas positif. Hal itu akan membuat seseorang mudah putus, menjalani jatuh bangun dan resiko gagal dalam berbisnis. Makanya dia menyarankan, seringlah berkumpul dalam sebuah komunitas.

“Dan di Belitung ada banyak komunitas wirausaha yang positif. Dimana saya juga ikut tergabung di dalamnya seperti Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Komunitas UMKM Belitong (KUMBE), Perkumpulan Perempuan Wirausaha ( PERWIRA), Sahabat UKM dan sebagainya,” terang Bella.

“Melalui komumitas TDA saya belajar dan mengetahui adanya ajang perlombaan wirausaha mandiri. Semoga melalui pengalaman yang saya dapat, bisa menginspirasi bagi anak-anak muda dan bangkitnya wirausaha di Belitung,” imbuhnya.

Kemenangan ini dia persembahkan untuk keluarga, tim kerja yang selalu bersama baik dalam suka, duka, jatuh dan bangunnya usaha ini. “Persembahan terbesar saya untuk seluruh masyarakat Belitung yang telah mendukung dan mendoakan usaha Sepiak Belitong,” tukasnya.

Kata Bella, meski usaha yang sudah dirintisnya tersebut tidak berhasil menjuarai kategori wirausaha favorit melalui hasil Vote namun dirinya merasa terharu. Tidak menyangka, surprise dengan apresiasi dan kekompakan masyarakat Belitung untuk mendukung dirinya.

“Ada yang share mandiri melalui group-group WhatsApp untuk mendukung saya. Alhamdulillah visi Sepiak Belitong untuk selalu mengangkat khasanah budaya Belitong tidak bertepuk sebelah tangan. Saat ini Sepiak Belitong ada di hati masyarakat Belitong dan kami berkomitmen untuk menjadi agen promosi Belitong, mengangkat citra Belitong sebagai daerah wisata kebanggan Indonesia,” paparnya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dan dinas terkait, yang selalu mendukung Sepiak Belitong, mengapresiasi karya Sepiak Belitong. Semoga hal ini bisa mengairahkan ekonomi kreatif di Negeri Laskar Pelangi. Sehingga semakin banyak wirausaha yang mengangkat kearifan lokal dan bersinergi dengan perkembangan pariwisata ini.

“Kami berharap melalui prestasi dan kemenangan yang kami dapatkan ini, tidak membuat kami terlena karena hal itu bukanlah tujuan dari usaha kami. Kami tetap berpegang teguh pada filosofi usaha kami. Yaitu Sepiak, yang berarti berbagi, tidak mementingkan diri sendiri. Semoga kami dapat terus berbagi dan menebarkan semangat berbagi sehingga usaha Sepiak Belitong ini menjadi usaha yang berkah dan bermanfaat amiin,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Belitung Hermanto mengucapkan syukur para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kabupaten Belitung semakin maju dan berprestasi serta mampu berkiprah di tingkat nasional maupun internasional.

Hal ini kata Hermanto, akan menambah keyakinan dan percaya diri bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku ekraf dan kualitas produk ekraf di Kabupaten Belitung telah mampu bersaing di era global seperti saat ini.

“Apalagi saat ini kita, juga telah berMoU dengan Bekraf. Yang salah satu tujuannya adalah untuk mengakselerasi kemampuan para pelaku ekraf kita. Antara lain melalui program IKKON yang saat ini sedang dilaksanakan di Kabupaten Belitung,” ujarnya.

“Tentunya kita memberikan apresiasi kepada Kartika Aprilia (Owner Sepiak Belitong) yang telah mampu menunjukkan prestasi kaum muda Belitung di bidang ekraf secara global,” tandas Hermanto. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: