banner 728x90

Siaga Banjir Susulan, PT Timah Siapkan Personel Bantuan di Tanjungpandan

banner 468x60

Personel ERG PT Timah membantu membersihkan sampah sisa banjir yang merendam Kampung Amau, Senin (12/3) kemarin.

 

banner 300x250

 

DALAM upaya siaga banjir susulan di Tanjungpandan, Belitung, PT Timah Tbk menyiapkan personel ERG (Emergency Response Group). Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi malam ini, Belitung akan kembali diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Sebagai sebelumnya, hujan deras yang turun di Belitung dalam dua hari terakhir, ditambah dengan air laut pasang menyebabkan banjir di dua wilayah. Yakni di Kampung Amau, Kelurahan Damai, dan Kampung Parit, Kelurahan Parit.

Menurut Ketua IKT Wilayah Belitung Yuwanda, banjir yang melanda Kampung Amau dan Kampung Parit, lebih disebabkan fenomena alam. ”Dua kampung ini bisa dibilang tempat tumpahan air, dan belum memiliki waduk penampungan air. Jadi, setiap hujan deras, debit air pasti meningkat,” tuturnya saat dihubungi di Tanjungpandan, Senin (12/3) kemarin.

Banjir setinggi lutut orang dewasa yang melanda Kampung Amau, dan Kampung Parit, lanjut Yuwanda, hanya berlangsung selama dua jam, yakni pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

”Kemarin siang PT Timah sudah menurunkan Tim ERG untuk segera melakukan evakuasi. Puncak-puncak banjir jam 2 siang, namun sudah surut jam 4 sore. Untungnya air laut belum pasang, jadi surutnya cepat,” jelasnya.

Kendati banjir sudah surut, Tim ERG PT Timah tetap siaga hingga pukul 22.00 WIB. Karena, dikhawatirkan hujan deras akan kembali turun.

”Alhamdulillah hujan deras tidak turun lagi. Namun kamin akan tetap siaga karena prediksi BMKG, malam ini hingga beberapa hari ke depan masih akan turun hujan dengan intensitas tinggi,” kata Yuwanda.

Di tempat terpisah, Kabid Humas PT Timah Tbk. Anggi Siahaan, menambahkan, pihaknya juga sudah menurunkan Tim ERG untuk bencana banjir di Mentok, Bangka Barat, dan Nibung, Bangka Tengah.

”Kami membuka posko pengobatan dan dapur umum di sana,” ucapnya. (rel)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: