banner 728x90

SMK Muhammadiyah Resmikan Ruang Praktik

banner 468x60

SUNGAILIAT – Pendidikan yang diselenggarakan Muhammadiyah diharap memiliki ciri unggul dan kemajuan. Hal itu sampaikan Prof. DR. Baedhowi, M.Si selaku Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Pusat ketika menghadiri peresmian sejumlah bangunan sekolah Muhammadiyah di Bangka Belitung yang dipusatkan di SMK Muhammadiyah Sungailiat, kemarin (27/11).

Dikatakan Baedhowi, sekolah Muhammadiyah di Indonesia baik dari SD/MI, Mtsn, SMA/SMK/MA ada 5.732 lebih. Dalam mengelola pendidikan tersebut, terpenting antara lain bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan unggul dan berprestasi. Untuk itu ia mengajak kepada khususnya sekolah Muhammadiyah agar berkomitmen menciptakan pendidikan unggul dan berprestasi.

banner 300x250

“Itu wajib hukumnya supaya kita bisa menghadapi persaingan. Muhammadiyah berkomitmen memajukan pendidikan, siap bersaing dan menang di dalam persaingan itu. Muhammadiyah harus menjadi penyelenggara pendidikan yang unggul dan berkemajuan, karena zaman terus berkembang,” ungkap Baedhowi.

Menurutnya, semua pihak pun harus yakin dan berlomba dalam kebaikan, terutama di bidang pendidikan. Untuk mengembangkan sekolah agar banyak diminati, sekolah pun harus memiliki kualitas, prestasi akademik dan prestasi non akademik, termasuk komitmen sebagai sekolah bersih, indah dan berintegritas.

“Diperlukan tata kelola pendidikan, termasuk aset seperti lahan (lahan SMK Muhammadiyah Sungailiat) ini yang dalam proses hibah dari pemerintah, perlu diusulkan ke bupati bahwa semua asetnya harus diserahkan ke aset perserikatan,” ujarnya.

Hal lainnya adalah penataan SDM yang dilihat dari kuantitas dan kualitas, nantinya harus diciptakan supaya lulusan Muhammadiyah yang tidak menjadi beban pemerintah daerah tetapi produktif.

Ia juga meminta segenap insan Muhammadiyah memiliki integritas, loyalitas, totalitas guna membuat Muhammadiyah unggul dan berkemajuan.

Sebelumya, Ketua Pengurus Muhammadiyah Bangka Belitung, Drs. H. Kamarudin AK, MH, menyatakan pendidikan sangat lah penting. Ia meminta, pendidik khususnya guru tidak hanya transfer ilmu saja. “Kalau guru setengah-tengah, muridnya setengah-tengah, guru juga tergantung kepada kepala sekolah. Kalau kepala sekolah datang jam setengah sepuluh, jangan harap guru datang jam delapan, begitu juga murid-muridnya,” sebut Kamarudin.

Ia berharap sekolah Muhammadiyah betul-betul maju dengan tetap menjunjung tinggi dan menegakkan Islam.

Sementara itu, Bupati Bangka Tarmizi Saat dalam sambutannya mengatakan, ia memberi perhatian penuh terhadap pendidikan termasuk ke sekolah-sekolah Muhammadiyah. Termasuk mengenai aset lahan SMA Muhammadiyah yang belum dihibahkan oleh Pemda Bangka.

“Menyangkut aset, kemarin kita perdasarkan Pemendagri yang lama sekarang sudah yang baru. Ada dua aset yang belum kita serahkan, sebelumnya (Permendagri lama) ada pertimbangan dari DPRD, sekarang tidak lagi. Ini (hibah lahan SMK Muhammadiyah) akan kita siapkan satu minggu, kalau ada suratnya hari ini langsung saya teken,” sebut Tarmizi.

Ditambahkannya, ia berharap Muhammadiyah menjadi satu kesatuan yang tidak terpisah antara SD, SMP, hingga kampus dalam satu lokasi, termasuk pondok pesantren. Selain itu ia minta Muhammadiyah memikirkan pembuatan rumah sakit di Kabupaten Bangka sehingga sama seperti kiprah Muhammadiyah pada daerah-daerah lain yang lebih maju.

Dalam peresmian kemarin ditandai penandatangan prasasti beberapa gedung, serta pembukaan tabir gedung praktik baru SMK Muhammadiyah Sungailiat. Bangunan yang diresmikan antara lain Gedung Ruang Praktik Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhmmadiyah Sungailiat, Bengkel Muhammadiyah Mechanic Centre di SMK Muhammadiyah Sungailiat. Termasuk juga Gedung SD Muhammadiyah SAIN Toboali, Lapangan Basket SMA Muhammadiyah Tanjungpandan.

Selain itu disaksikan juga bangunan bengkel model yang diberikan Yamaha Motor. Dilakukan juga penanaman pohon di perkarangan SMK Muhammadiyah Sungailiat yang terletak di Jalan Pramuka, Tambang 23 Sungailiat.

Acara kemarin tampak dihadiri kepala SKPD di Kabupaten Bangka, Pengurus Muhammadiyah Wilayah Babel dan Pengurus Muhammadiyah kabupaten/kota di Babel. (trh)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: