banner 728x90

Stok Bahan Pokok Aman

PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Disperindakop) dan UMKM Kota Pangkalpinang terus melakukan pengawasan terhadap harga-harga dan stok bahan pokok di setiap pasar yang ada di wilayah Kota Pangkalpinang. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Bagian Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Disperindakop) dan UMKM Kota Pangkalpinang, Eka Subhi.
Ia menyebutkan, untuk 3 bulan kedepan stok bahan pokok masih aman dan tersedia akan tetapi katanya, ada beberapa item bahan pokok yang mengalami kenaikan harga yaitu cabe merah keriting dari harga 48 ribu/kg menjadi 50 ribu/kg atau mengalami kenaikan 3,09 persen.
“Pasca lebaran stok kita aman untuk 3 bulan kedepan dan kami juga akan terus melakukan pengawasan terhadap seluruh harga-harga bahan pokok, ada dibeberapa komoditi barang yang mengalami kenaikan harga,” katanya saat ditemui Kamis (23/7) kemarin. Lanjut Eka, menurut pantauan tim pengawas dalam beberapa minggu ini harga rata-rata baham pokok pangan di Kota Pangkalpinang banyak yang mengalami penurunan harga. Rata-rata harga bahan pokok disetiap pasar masih relatif terjangkau.
“Bawang merah juga mengalami kenaikan dari harga awal 25 ribu/kg menjadi 27 ribu /kg, sedangkan untuk bawang putih tidak mengalami lonjakan masih tetap 19 ribu/kg,” cetusnya. Masih katanya, bahan pokok yang mengalami penurunan harga yaitu cabe rawit hijau dari 52,5 ribu/kg menjadi 42,5 ribu/kg atau turun sebanyak 19,5 persen, diikuti daging ayam kampung dari 67,5 ribu/kg menjadi 60 ribu/kg turun 11,11 persen, daging sapi dari 117,5 ribu/kg menjadi 112,5 ribu/kg turun 4,26 persen.
“Ikan kembung naik dari 45 ribu/kg menjadi 50 ribu/kg, memang harga ikan ada kenaikan mungkin karena masih pasca lebaran banyak para nelayan yang belum turun melaut, ” imbuhnya. Ia menegaskan, mulai Senin mendatang pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan melakukan penertiban pasar yang ada di Kota Pangkalpinang dikarenakan para pedagang banyak yang menggunakan marka jalan untuk berjualan sehingga mengakibatkan kemacetan dan kesemrawutan.
“Akan kita lakukan penataan lagi agar para pedagang tidak berjualan di trotoar jalan yang mengakibatkan keruetan dan kemacetan, para pedagang akan kita suruh mereka berjualan dikios-kios yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang agar terciptanya pasar yang tertib, bersih dan terjaga,” tukasnya.(tya)

Related Search

Rate this article!
Stok Bahan Pokok Aman,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: