banner 728x90

Stok Daging Sapi Aman

MANGGAR – Persediaan daging sapi di kabupaten Belitung Timur (Beltim) menjelang lebaran 1 Syawal 1436 Hijriah dinyatakan aman. Kepala Dinas Kehutanan dan Pertanian (Distanhut) Beltim, Khadir Lutfhi, melalui Kabid Peternakan, Heru Indramarta memastikan stok daging sapi untuk lebih dari cukup.
“Untuk persiapan Lebaran di bulan Syawal 1436 Hijriah ini, akan masuk dua kapal dari Madura, yang memuat 125 hingga 130 ekor sapi untuk pulau Belitong. Dalam penyebarannya, diperkirakan 70 persen untuk Kabupaten Belitung dan 30 persen untuk Beltim. Totalnya sekitar ratusan lebih ekor. Sedangkan kebutuhan untuk Beltim sendiri sekitar 150 hingga 180 ekor,” ujar Heru saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/6) kemarin.
Menurut Heru, sapi potong yang akan dikirimkan ini merupakan sapi-sapi yang gemuk, sehat dan siap potong. “Jadi bukan kurus yang harus dipelihara atau digemukkan dulu,” terangnya.
Kalau pun masih belum cukup, kata Heru, Pemkab Beltim sudah mengantisipasinya dengan melakukan pengadaan daging sapi beku sebanyak 14 ton.

“Daging beku ini akan didistribusikan ke masyarakat dengan harga murah, seperti tahun sebelumnya, dan tahun ini persediaannya akan lebih banyak. Tahun lalu kita hanya menyediakan 7 ton, namun tahun ini kita akan sediakan 14 ton,” ujar Heru.

Untuk daging beku akan dilakukan operasi pasar, terutama masyarakat yang sangat membutuhkan tersebar di setiap desanya, dengan kisaran harga sekitar dari Rp.100 ribu. Harga ini  dipastikan lebih murag dari harga HET yang ditetapkan.
“Mudah-mudahan pengadaannya dapat terselenggara. Ini tentu akan membantu masyarakat, apalagi kita tidak bisa menakar seberapa tinggi lonjakan harga daging jelang lebaran nanti,” tutup Heru. (feb)

Related Search

Rate this article!
Stok Daging Sapi Aman,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: