banner 728x90

Strategi Bertahan di Pasar Low MPV

banner 468x60

JAKARTA – Persaingan di segmen low MPV (multi purpose vehicle) semakin ketat dengan hadirnya produk dari Mitsubishi dan Wuling. Sebagai salah satu pemain lama, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berusaha mempertahankan pasar dengan membuat varian-varian baru.
Deputy Chief Executive Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto menyatakan, pasar MPV masih tetap menjadi rebutan pelaku otomotif di Indonesia untuk beberapa tahun mendatang. ’’Hingga September memang ada penurunan pasar low MPV 2,3 persen. Tapi, kami yakin akan kembali pulih,’’ ujarnya dalam peluncuran Great New Xenia Custom di Astra Biz Centre, BSD, kemarin (10/11).
Meski pasarnya sedikit tergerus, dia menilai segmen low MPV masih akan menjadi penopang penjualan otomotif di tanah air. Hingga kini, segmen low MPV menyumbang lebih dari 23 persen penjualan mobil secara nasional. ’’Ini pasar yang gemuk. Tidak heran kalau banyak pemain baru yang masuk. Persaingan tentu naik sehingga kami harus terus berinovasi,’’ katanya.
Marketing & CR Division Head AI-DSO Hendrayadi Lastiyoso menambahkan, sebelumnya Xenia mendominasi penjualan Daihatsu di segmen low MPV. Tetapi kini disalip Daihatsu Sigra. ’’Sekarang kontribusi Xenia sekitar 20 persen, sedangkan Sigra sudah 25–26 persen. Tapi, bukan berarti penjualan Xenia menurun. Sebab, setiap bulan masih laku sekitar 2.000–3.000 unit,’’ ungkapnya.
Hendrayadi mengakui, Daihatsu selalu berusaha menampilkan varian-varian baru untuk menjaga pasar low MPV agar tetap semarak. Apalagi, segmen tersebut terbukti paling banyak diminati masyarakat Indonesia. ’’Daihatsu dan Toyota merupakan pemain utama segmen low MPV. Kami sekarang satu grup. Jadi, kalau penjualannya digabung, tidak ada yang bisa mengalahkan,’’ katanya.
Salah satu cara untuk mempertahankan pasar adalah meluncurkan varian-varian baru yang sesuai dengan keinginan konsumen. Terbaru, Daihatsu meluncurkan Great New Xenia Custom, low MPV dengan tampilan yang lebih sporty.
’’Ini bagian dari strategi Daihatsu untuk bertahan di pasar low MPV. Juga, untuk memenuhi permintaan pasar. Jadi, targetnya tidak muluk-muluk, hanya 150 unit per bulan,’’ jelasnya.(tih/wir/c15/fal)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: