banner 728x90

Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Naik?

banner 468x60
stress

Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

JAKARTA – Bila Anda sedang mengalami stres, tampaknya harus lebih waspada dan memperhatikan asupan makanan.

Sebab, stres bisa membuat angka timbangan berat badan Anda naik.

banner 300x250

“Mungkin kedengarannya aneh dan tidak mungkin, tapi Fathimah Stanford, instruktur kedokteran dan pediatri di Harvard Medical School dan dokter obat obesitas di Massachusetts General Hospital, mengatakan hal ini terjadi. Sebagian besar pasien saya akan mengalami kenaikan berat badan bila mengalami stres,” kata Fathimah, seperti dilansir laman Glmaour, Minggu (9/7).

Sebab menurutnya, saat Anda stres, tubuh ingin mempertahankan diri, sehingga mereka mulai mempertahankan berat badan.

Pada dasarnya, meski sudah berolahraga secara teratur dan makan dengan baik seperti yang biasa Anda lakukan, Anda masih bisa mengalami kenaikan berat badan karena tubuh mencoba menangkal ancaman yang tidak terlihat.

“Biasanya dengan stres kronis Anda akan melihat ini. Ada ambang batas tertentu yang bisa dikenali orang saat mereka merasakan beban stres, di luar tekanan kehidupan sehari-hari,” kata Cody Stanford.

“Biasanya saat ambang batas itu tercapai adalah saat kita melihat pertarungan dengan peraturan berat badan,” tambah Stanford.

Cody Stanford mengatakan, hal ini sangat umum karena itu dia biasanya bertanya pada pasiennya tentang tingkat stres mereka bersamaan dengan diet, kebiasaan berolahraga dan pola tidur.

Stres bisa mengurangi persepsi tentang berbagai hal, jadi mungkin Anda berpikir bahwa tetap rutin menjalankan pola gaya hidup sehat, namun kenyataannya Anda makan lebih banyak dan berolahraga lebih sedikit.

Terlepas dari alasan kenaikan berat badan saat stres, sangat penting menghindari stres agar berat badan Anda tetap terjaga.

Beruntung berat badan Anda tidak sepenuhnya kacau bila mengalami stres. Anda hanya perlu melakukan apa yang Anda bisa untuk meminimalkan intensitas dalam hidup.

Apa pun itu, mengurangi stres akan membuat Anda jauh lebih mudah untuk menjaga berat badan.(fny/jpnn)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: