banner 728x90

Tabrak Karang, Kapal Motor Penumpang Hidayah Bocor & Nyaris Tenggelam

banner 468x60

Kapal motor penumpang Hidayah Pongok Sadai nyaris tenggelam di perairan Tanjung Sangkar Leparpongok, Bangka Selatan.

belitongekspres.co.id, LEPARPONGOK – Kapal motor penumpang Hidayah jurusan Pongok menuju Sadai, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) nyaris tenggelam akibat menabrak karang di perairan laut Tanjung Sangkar kecamatan Leparpongok (Lepong), Selasa (8/8/2017) kemarin.

banner 300x250

Kapal motor penumpang KM Hidayah milik H Mansur yang dinakodhai Dalik bersama 3 orang anak buah kapalnya (ABK) itu sekira pukul 10.00Wib berangkat dari pelabuhan Pongok menuju pelabuhan Sadai dengan membawa penumpang sebanyak 20 orang dan barang muatan tabung gas melon serta ikan asin. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian kecelakaan laut tersebut.

“Tidak ada korban jiwa. Posisi kejadian dekat dengan nelayan yang sedang menebar jaring. Semua selamat langsung di evakuasi oleh nelayan, personil Posmat Sadai, Airud Polres Basel dan Dishub Basel ke Desa Tanjung Sangkar,” kata Danposmat TNI AL Sadai, Serma Firdaus.

Ia menjelaskan, bahwa berdasarkan keterangan nakodha KM Hidayah, Dalik. Kapal yang dinakodhainya itu menabrak karang di perairan laut Tanjung Sangkar Leparpongok sehingga mengakibatkan kapal tersebut bocor.

“Jumlah penumpang di kapal itu 20 orang, muatan tabung gas dan ikan asin. Kapal itu berangkat dari pelabuhan Pongok menuju pelabuhan Sadai, saat di perairan Tanjung Sangkar menabrak karang sehingga mengakibatkan kapal penumpang tersebut bocor,” ujar Firdaus mengimbau khususnya kepada para nelayan agar jangan memaksanakan diri untuk berlayar jika cuaca tidak memungkinkan.

“Nelayan jangan memaksakan berlayar jika cuaca tidak memungkinkan, saat berlayar untuk melengkapi alat keselamatan seperti swem vest dan memperbaharui peralatan navigasi,” imbuhnya.(tom)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: