banner 728x90

Tambang Ilegal di Bendungan Pice Gantung Makan Korban

ilustrasi tambang. Foto: Dok BE

belitongekspres.co.id, GANTUNG – Aktifitas penambangan ilegal di kawasan bendungan Pice Dusun Seberang Desa Selinsing Kecamatan Gantung memakan korban, Selasa (9/4) malam. Korban teridentifikasi bernama Irwansyah (41) warga Dusun Jaya RT 03 Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

“Ya benar, kami mendapat laporan dan anggota Polsek langsung ke lokasi kejadian. Telah dilakukan evakuasi dan korban dibawa ke RSUD,” ungkap Kapolsek Gantung, AKP Ricky Dwiraya Putra SIk saat dikonfirmasi Belitong Ekspres, Rabu (10/4) kemarin.

Keterangan yang berhasil dihimpun Belitong Ekspres, kejadian diketahui pihak Polsek Gantung sekitar pukul 22.30 WIB setelah mendapat informasi dari warga. Warga tersebut menceritakan kecelakaan kerja tambang yang menimpa korban terjadi sekitar pukul 21.00 WIB.

Saat itu, korban yang kesehariannya melakukan penambangan dengan cara menyelam menggunakan bantuan kompresor, diduga tertimpa longsoran tanah. “Korban bersama rekannya menambang dengan cara menyelam menggunakan kompressor. Alat kerjanya dimiliki sendiri,” ujar AKP Ricky.

Rekan korban yang berada di atas sungai, curiga karena korban tidak juga muncul ke permukaan setelah ditunggu cukup lama. Mencoba mengantisipasi kepanikan, rekan korban memilih ikut menyelam di lokasi penambangan dan mencari korban di dasar sungai yang mencapai kedalaman 6 hingga 8 meter.

Korban diketahui dalam kondisi tertimbun tanah. Kemudian, rekannya berusaha melepaskan bongkahan tanah dari tubuh korban dan membawanya ke permukaan sungai.

Setelah berada di permukaan, rekannya itu langsung melakukan upaya evakuasi dengan membawa korban ke RSUD Manggar. Korban kemudian dinyatakan meninggal dunia oleh pihak rumah sakit dan jenazah dibawa menuju rumah duka. “Pihak keluarga menyatakan ikhlas dengan kejadian ini dan tidak perlu dilakukan otopsi,” sebut AKP Ricky Dwiraya Putra.

Penambangan memang masih menjadi pilihan mata pencaharian sebagian warga di Kecamatan Gantung. Tak jarang, penambangan dilakukan dengan alat kerja dan cara-cara yang sebenarnya dilarang karena membahayakan pekerja tambang itu sendiri.(tim)

Related Search

Tags:
author

Author: