banner 728x90

Ternyata Baru 5 Desa yang Miliki BUMDes

*Dari 42 Desa se Kabupaten Belitung

desaku-edisi-28-desember-2016-eko

Kabid BPBPMPDPKB Belitung, Eko Wijarmoko.

TANJUNGPANDAN– Dari 42 desa se-Kabupaten Belitung ternyata baru 5 desa yang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Pemerintah Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPBPMPDPKB) Belitung Eko Wijarmoko .

“Jadi saya harapkan setiap desa lainnya nanti bisa mendirikan BUMDes. Sebab hal ni baik untuk kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan perekonomian di desa itu sendiri,”ujarnya kepada Belitong Ekspres Selasa (27/12) kemarin.

Eko menjelaskan, sampai hari ini (kemarin-red) baru 5 desa yang memiliki BUMDes, yaitu Desa Aik Batu buding, Perepat, Membalong, Aik Selumar dan Desa Pelepak Puteh.

“Ada juga sebagian desa yang sedang pembahasan dan proses untuk membentuk BUMDes,”jelasnya.

Menurut eko, masalah itu biasanya terletak pada orang yang mau mengelolanya BUMDes. Sebab, sebagian Kades dan BPD biasanya sudah melakukan pembahasan melalui Muasyawarah desa (Musdes).

Dikatakannya, untuk penyertaan modal itu desa harus ada BUMDes dan kegiatan usaha yang sudah berjalan. Jadi, BUMDes sebagai induknya , tetapi di dalamnya ada unit-usaha sesuai dengan potensi desa.

“Dengan adanya BUMDes tentu akan menggali potensi yang ada di desa, menggerakan ekonomi masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan Pendapat Asli Desa (PADes) jika dikelola dengan benar,”katanya.(Mg1)

Related Search

Tags:
author

Author: