banner 728x90

Tertipu Lewat HP, Rp 2,7 Juta Amblas

banner 468x60

*Modus Penipuan Minta Pulsa dan Transfer Uang

TANJUNGPANDAN-Penipuan melalui seluler kini kembali terjadi di Belitung. Kali ini menimpa korban sebut saja Mayang (30), warga Tanjung Binga, Sijuk. Akibat aksi oknum penjahat itu, dia mengalami kerugian capai Rp 2,7 Juta..

Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, peristiwa ini terjadi Selasa (5/1) lalu, saat itu dirinya ditelepon seseorang yang mengaku kenal korban. Setelah itu, pelaku meminta kiriman pulsa.

banner 300x250

Tanpa pikir panjang, wanita yang bekerja di Puskesmas Tanjung Binga ini membelikan pulsa yang diminta pelaku yang mengaku bernama dr A. Beberapa jam kemudian pelaku kembali meminta sejumlah uang untuk ditrasfer ke rekeningnya.

Dengan rasa cinta kepada dr tersebut, Mayang rela memberikan sejumlah uang yang diminta. Setelah itu, Mayang melaporkan kepada sang dr gadungan ini bahwa ia sudah mentransfer uang yang diminta.

Saat menelepon wanita ini mengajak dr tersebut ketemuan di depan Puskesmas. Dengan dandanan yang sudah oke, wanita ini menunggu sang dokter tersebut. Namun, sialnya saat dokter melintas, korban hanya dicuekin.

Kaget, dicuekin dokter itu dirinya menanyanyakan uang dan pulsa yang telah Mayang transfer. Dokter itu kaget, dan mengaku tidak pernah menelepon korban apalagi minta pulsa dan kirim pulsa.

Setelah mendengar ucapan dokter itu, Mayang langsung shok dan melaporkan peristiwa ini ke Sentral Pelayanan Terpadu Kepolisian (SPKT) Polres Belitung di Jalan Sijuk Air Merbau.

Salah satu anggota SPKT membenarkan adanya laporan itu. Namun, laporan yang diungkapkan Mayang sebatas aduan. “Total kerugian yang dialami sekitar Rp 2,7 juta,” kata salah satu anggota polisi ini.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, pelaku bukan warga Belitung. Melainkan dari luar Pulau Bangka Belitung. Setelah dilacak, nomor itu berada di Sulawesi.

Kapolres Belitung meminta kepada masyarakat agar tidak percaya dengan undian-undian berhadiah. Apalagi penelepon yang mengiming-imingin sejumlah uang, namun disuruh transfer dengan nominal uang yang ditentukan.

“Jangan percaya dengan penipuan modus seperti itu. Pelaku mencari korban, di lokasi-lokasi yang belum terjangkau oleh informasi. Jika ada hal-hal yang merugikan, langsung lapor polisi,” ujar Kapolres Belitung, Rabu (6/1) kemarin.(kin)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: