banner 728x90

TI 3 Lokasi Ditertibkan

banner 468x60

caption-Penertiban TI Ilegal yang sudah sepi penambang.

 

banner 300x250

* Biasa, Timgab Turun, Penambang Raib

KERAP beroperasi secara illegal, tambang timah di Bumi Perkemahan (Buper) Pramuka Kwarcab Bangka dirazia tim gabungan. Langkah tegas ini menyusul setelah berulang kali diperingatkan dan menjadi sorotan dalam pemberitaan media lokal.

—————

RAZIA tim gabungan dilakukan unsur Polres Bangka, Satpol PP, TNI dengan menurjunkan puluhan personil. Lokasi Tambang Inkonvensional (TI) yang masih aktif ini kemudian dibongkar paksa. Beberapa peralatan TI milik penambang diangkut oleh tim razia.
Jalannya razia berlangsung sejak pukul 08.30 WIB diawali dengan apel bersama. Tidak hanya di Buper Pramuka KWarcab Bangka, salah satu lokasi tambang illegal di Jalan Raya Sungailiat Kecamatan Merawang pun ikut didatangi petugas dan diamankan peralatannya.
Razia selama 2 jam ini dengan kekuatan 70 personil gabungan pertama kali menyisir TI tepi jalan depan Sabung Giri tepatnya samping perkuburan cina. Pada lokasi tersebut ditemukan 3 unit peralatan tambang timah dalam lubang yang berukuran diameter sekitar 20 meter namun tidak beraktivitas.
Dari lokasi ini berhasil diamankan 4 unit pompa air, 3 unit pompa tanah, 3 drum plastik dan beberapa selang dan pipa.
Setelah itu, tim gabungan tiba menuju ke lokasi kedua yang terletak di seberang jalan dari lokasi pertama. Pada lokasi kedua yang didatangi tim ini ditemukan 1 unit ponton peralatan tambang dalam kolong namun tidak beraktivitas. Tim kemudian mengamankan diantaranya 1 unit pompa tanah, 1 unit pompa air dan 1 unit win.
Selanjutnya tim menuju ke lokasi yang ketiga di Bumi Perkemahan Jalan Pramuka. Lokasi eks tambang 23 ini sebenarnya sempat terdapat kegiatan penambangan pasir bangunan tapi tak lagi beraktivitas. Namun ditemukan 2 unit ponton peralatan tambang timah yang terdapat di pinggir kolong tapi para penambang tak ada di tempat. Di lokasi Buper Pramuka berhasil diamankan 2 unit pompa tanah.

“Selanjutnya peralatan tambang yang ditemukan di ketiga lokasi tersebut dibawa dan diamankan di Kantor Satpol PP dan Polres Bangka,” ujar Kabag Ops Polres Bangka Kompol S. Sophian, usai razia kemarin.(trh)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
TI 3 Lokasi Ditertibkan,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: