banner 728x90

Tim Kuasa Hukum Abang Faizal Melawan

banner 468x60

*Ancam Laporkan Tiga Majelis Hakim

MUNTOK – Tim kuasa hukum terdakwa Abang Faizal mengancam akan melaporkan tiga majelis hakim yang memeriksa perkara korupsi dana corporate social responsibility (CSR) PT Timah pada perhelatan Homestay Fair Muntok 2015. Sebab menurut tim kuasa hukum terdakwa, putusan majelis hakim dinilai menyalahi meski hakim mempunyai hak inpersial yakni tekanan ataupun pendapat sendiri tetapi dalam memutuskan suatu perkara.

Bahkan menurut Taufik selaku pengacara terdakwa, bahwa saat ini pihaknya tengah menyusun laporan tersebut. Rencananya laporan tersebut ditujukan kepada Badan Pengawasan Hakim, Badan Pengawas Mahkawah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY). “Tentunya kami akan mengambil sikap tegas, karena menurut kami pertimbangan hukum ini salah. Memang pandangan boleh berbeda tetapi penafsiran Undang-undang itu harus sama,” kata Taufik saat menghubungi wartawan, Kamis (5/1).

banner 300x250

Taufik juga dengan tegas menyatakan akan melakukan banding terhadap putusan dari Pengadilan Negeri Tipikor Pangkalpinang terhadap terdakwa Abang Faisal yang menjatuhkan vonis 2 tahun 6 bulan penjara. “Kita lakukan banding, karena kami menilai putusannya itu galau. Hakimnya lagi galau. Kenapa hakim ini lagi galau? ya didasari tiga hal menurut tim kuasa hukum. Sebab di dalam seluruh pertimbangan, majelis hakim tidak pernah mempertimbangkan satu pun keterangan 14 saksi A De Charge (saksi meringankan) serta dua orang ahli pidana dan keuangan negara yang diajukan tim kuasa hukum terdakwa. Selain itu majelis hakim yang diketuai Setyanto Hermawan itu tidak pernah mempertimbangkan satu bundal bukti kwitansi penggunaan Rp500 juta uang CSR PT timah,” tukasnya.

Padahal menurut Taufik, pedoman MA dalam membuat putusan majelis hakim wajib mempertimbangkan bukti yang diajukan baik dari terdakawa maupun JPU. Namun Faktanya dalam pertimbangan hukum baik dakwaan primer pasal 2 subsidair pasal 3 undang-undang tipikor hakim tidak pernah mempertimbangkan hal tersebut.(ray)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: