banner 728x90

Timgab Evakuasi 1 ABK, 5 Belum Ketemu

banner 468x60

PERISTIWA

SELAMA tiga hari berturut-turut (Jumat, Sabtu dan Minggu) tim gabungan yang terdiri dari TNI AL, Basarnas, BPBD dan Polair melakukan pencarian terhadap 6 orang anak buah kapal (ABK) Tugboat Youngtat 9 yang tenggelam di perairan Pulau Pongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Baru berhasil menemukan dan mengevakuasi 1 orang ABK yang sudah dalam keadaan meninggal dunia.

————–

DANLANAL Bangka Belitung, Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto SE melalui Pejabat sementara (Pjs) Danposmat TNI AL Toboali, Pelda Lis Paul Prisko mengungkapkan, satu dari 6 ABK Tugboat Youngtat 9 ditemukan sekira pukul 13.46 Wib di dalam kapal dengan posisi telungkup dibawah tangga dek 2 depan kamar ABK.
“Untuk saat ini pencarian dan penyelaman dihentikan karena penyelam mengalami diskompresi, rencana besok pagi (Hari ini_red) dilanjutkan kembali penyelaman,” jelas Paul mengatakan sebanyak 3 orang penyelam dari Sungailiat dan Desa Celagen kecamatan Pulau Pongok yang diterjunkan untuk melakukan penyelaman, yakni Ahmad, Suhai dan Bujang.
Senada juga disampaikan Danposmat TNI AL Sadai, Serma Firdaus menambahkan tim gabungan berhasil mengevakuasi 1 korban (Jenazah) dari 6 ABK yang tenggelam di perairan Pulau Pongok Basel.
“Musibah tenggelamnya Tugboat Youngtat 9 yang menggandeng tongkang Tat 239 muatan kosong dinakhodai oleh Nasir Din dengan jumlah crew ABK 8 orang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pangkalbalam mengalami musibah tenggelam yang disebabkan cuaca buruk,” ujar Firdaus.
“Untuk posko berada di Pelabuhan PPI Sadai. Lanal Babel mengerahkan dua unsur yakni Kal Manau dan Patkamla Pulau Bakau, Polair Polres Basel mengerahkan dua kapal patroli dan satu kapal dari Direktorat Polair, Basarnas Pangkalpinang mengerahkan dua sea reader dan BPBD Basel satu sea reader,” jelas Firdaus dan menegaskan Senin pagi tim gabungan akan kembali menurunkan tim selam dilokasi tenggelamnya Tugboat tersebut untuk mencari 5 ABK yang masih belum ditemukan.
Diberitakan sebelumnya, Tugboat Youngtat 9 milik PT Putra Sihiong Mandiri (PSM) menarik tongkang muatan kosong dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) dikabarkan tenggelam di wilayah perairan Pulau Lepar Pongok (Lepong) dan Pulau Liat Toboali, Jumat (10/11/2017) pagi sekira pukul 08.00 Wib.(tom)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: