banner 728x90

Timgab Hentikan Penyelamatan

banner 468x60

MUSIBAH

//Para ABK Diyakini Tewas

TOBOALI – Tim gabungan (Timgab) yang melakukan pencarian dan penyelaman di wilayah perairan Pulau Pongok, Kabupaten Bangka Selatan masih menunggu owner kapal untuk melanjutkan dan mengevakuasi jasad para korban anak buah kapal (ABK) Tugboat Youngtat 9, yang tenggelam di perairan daerah setempat.
“Masih menunggu Owner dan orang yang sanggup mengapungkan kapal dari kedalaman 52 meter,” kata Kasi Operasi Basarnas Pangkalpinang, Kornelis, Selasa (14/11/2017).
Selain menunggu Owner kapal, lanjut Kornelis, tim gabungan pada Selasa siang kemarin melakukan brifing terkait dengan hal tersebut dan hasilnya itu yang akan dijadikan acuan.
“Hasilnya brifing yang akan kita jadikan acuan. Penyelaman hari ini (kemarin_red) dihentikan karena gelombang dan arus yang sangat deras, penyelam minta istirahat karena 2 hari berturut-turut melakukan penyelaman di kedalaman 52 meter,” jelas Kornelis.
Ia menambahkan, pintu kedap kamar anak buah kapal (ABK) Tugboat Youngtat 9 tidak bisa dibuka dan kondisi para korban yang berada di dalam kapal tersebut sudah mengembung. Sehingga susah untuk dikeluarkan dari kapal lantaran pintunya sempit dan tidak bisa dibuka.
“Kapal (Tugboat Youngtat) itu harus diangkat ke permukaan,” ujar Kornelis.
Sebelumnya pada Minggu dan Senin, dua dari 6 ABK Tugboat Youngtat 9 berhasil dievakuasikan oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI AL, Basarnas Pangkalpinang, BPBD dan Tagana Pemkab Basel serta Polair Polres Basel. Kedua ABK tersebut ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia, sehingga diperkirakan masih terdapat 4 ABK yang berada di dalam kapal tersebut. Kapal Tugboat Youngtat 9 tersebut milik PT Putra Sihiong Mandiri (PSM) menarik tongkang muatan kosong dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) tenggelam diwilayah perairan Pulau Pongok Bangka Selatan pada Jumat (10/11/2017) lalu.(tom)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: