banner 728x90

Tingkatkan Swasembada Pangan

//Dandim Ajak Generasi Muda Bercocok Tanam

Kodim 0414/Belitung bersama Dinas Pertanian Provinsi/Kabupaten dan Kelompok Tani Aik Bakul, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong melakukan tanam padi, Kamis (16/11) kemarin. Kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan swasembada pangan di wilayah Kabupaten Belitung.
Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono didampingi kelompok tani setempat turun langsung menggunakan alat transplanter untuk menanam padi di Kecamatan Membalong ini.
Gerakan tanam bersama diatas lahan 36 hektar ini hasil cetak sawah tahun 2015 dan 2016. Dengan rincian 30 hektar sebagai tanaman swasembada benih padi dan 6 hektar sebagai tanaman organik.
“Mari kita bersama sama TNI dengan warga terutama generasi muda untuk bercocok tanam padi. Karena bila bekerja tambang pasti akan ada akhirnya, dikarenakan bahan baku berupa pasir timah lamban laun akan mengalami kepunahan,” pesan Dandim.
Senada dengan Dandim, Danramil Tanjungpandan Mayor Inf Djoko Lelono mengatakan, bercocok tanam merupakan salah satu peningkatan ekonomi rakyat. Oleh karenanya generasi muda juga harus mau turun ke sawah, membangun daerah dengan swasembada pangan.
“Tanam padi tidak semudah yang dibayangkan, baik dengan (sistem) manual dan modern. Apalagi selama ini kita hanya tinggal menikmati. Untuk itu mari sama-sama kita meningkatkan swasembada padi untuk mendukung swasembada pangan Indonesia,” ucap Danramil kepada Belitong Ekspres.(*)

 

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: