banner 728x90

TNI AL Tenggelamkan Kapal Nelayan Vietnam

banner 468x60

PANGKALPINANG – TNI Angkatan Laut (AL) bakal menengelamkan kapal nelayan asal Vietnam karena melakukan pencurian ikan di wilayah perairan teritorial Indonesia.
“Berdasarkan arahan pimpinan, dalam waktu dekat ini kapal nelayan asing ini ditengelamkan di perairan Natuna,” kata Danlanal Kolonel Laut (P) Hendra Kesuma, Senin (20/4).
Kemarin, kata dia, KRI dalam operasi keamanan laut dan ALKI berhasil menangkap kapal nelayan asal Vietnam di perairan Natuna. “Nelayan asing ini sudah melanggar batas wilayah, izin penangkapan ikan, karena beroperasi di di laut teritorial,” ujarnya.
Ia mengatakan, anak buah kapal asing ini akan langsung dideportasi ke negara asalnya. “Saat ini, kami masih melakukan penahanan kapal dan ABK asing ini, dan waktu dekat ini akan dieksekusi,” ujarnya.
Sementara itu, kata dia, pihaknya belum menemukan kegiatan “illegal fishing” yang dilakukan nelayan asing di perairan Kepulauan Bangka Belitung. “Saat ini, kami tidak lagi menemukan kapal-kapal nelayan asing yang beroperasi di perairan daerah ini,” ucapnya.
Namun demikian, kata dia, diimbau nelayan lokal untuk selalu berkoordinasi dan melaporkan jika menemukan atau melihat kapal-kapal nelayan asing beroperasi di perairan Indonesia, khususnya Bangka Belitung. “Kami sudah berkoordinasi dengan gugus keamanan laut untuk menindaklanjuti dan meningkatkan pengawasan keamanan laut ini,” tukasnya. (ant/rb)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: