banner 728x90

Turis Jakarta Dukung Soft Launching Desa Wisata Terong

banner 468x60

*Musik Khas Melayu Gambus dan Pertunjukan Seni Budaya Bakal Tampil

foto-a-turis-nusa-tour-di-museum-kata

Turis asal Jakarta saat berkunjung ke Museum Kata dan ke Replika Sekolah Laskar Pelangi di Gantung, kemarin. Foto : Sunarto | BE

SIJUK-Panitia soft launching (peluncuran awal) Desa Wisata Terong hingga Jumat (16/12), kemarin terus melakukan persiapan. Panitia yang terdiri dar kelompok masyarakat peduli wisata didukung dengan LWG-DMO dan Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Disparekraf, Camat dan Desa akan membuat acara agar menarik.

banner 300x250

Seratus buah obor akan menghiasi suasana soft launcing Desa Wisata “Kreatif” Terong Sabtu (17/12), malam ini. Kesenian Gambus Pimpinan Kik Akil Bujang dan seni Addera direncanakan tampil di hadapan tamu undangan dan masyarakat. Bupati dan pejabat dari Kementerian Pariwisata dijadwalkan akan hadir. “Kita coba membuat suasana senyaman mungkin dengan  nuansa pedesaan zaman dulu,” ujar Sudarman, Sekretaris kelompok wisata Aik Rusak Berehun pada Belitong Ekspres, kemarin.

Kata Sudarman, persiapan terus berjalan dan sudah 99 persen. Undangan sudah disebar. “Insyaallah sambil makan Bedulang, nanti para tamu undangan diiringi musik Gambus dengan suasana api obor sepanjang jalan hingga sampai kepinggir danau, “ jelasnya.

Selain itu, hasil olahan tangan-tangan kreatif warga Desa Terong seperti beberapa kerajinan tangan akan dipamerkan. Sesuai jadwal, acaranya akan dimulai pukul 19.30 Sabtu (17/12), malam ini. “Terimakasih atas dukungan semua pihak. Semoga dengan soft launcing Desa Wisata “Kreatif” Terong, desa bisa terus maju, berkembang dan berkelanjutan,” tandasnya.

Sementara itu, rombongan turis dari Jakarta dijadwalkan juga akan hadir dalam acara soft launching, nanti malam. Belasan turis ini didampingi Belitong Ekspres untuk bisa menjadi bagian dari saksi atas peluncuran Desa Wisata yang kali pertama di Belitung. Selain itu, kehadiran turis domestik ini diharapkan mampu jadi penyemangat, sekaligus media promosi kepada masyarakat Jakarta bahwa di Belitung pariwisatanya berkembang. Selain keindahan alam, juga seni budaya dan kulinernya layak untuk dinikmati.

Pimpinan Rombongan Turis asal Jakarta, Rosmiati mengatakan, menjadi penghargaan tersendiri bagi rombongan bisa menyaksikan soft launching Desa Wisata yang pertama kali di Pulau Belitong. “Semoga mampu menjadi kawasan destinasi unggulan yang mampu membuat turis berkesan dan betah tinggal di Belitung,’’ ujar Rosmiarti dari Nusa Travel Jakarta yang baru saja berkunjung ke destinasi wisata di wilayah Beltim, Jumat (16/12), kemarin.

“Semoga turis yang hadir dan para pelaku wisata di Belitung, termasuk kawan-kawan dan mitra tour travel bisa mendukung upaya masyarakat untuk membangun destinasi. Kita masyarakat Terong dan semoga desa-desa lain juga memiliki semangat sama untuk menjadikan Belitong ini benar-benar destinasi wisata unggulan yang bisa diandalkan untuk menarik kunjungan turis,’’ ujar Ketua LWG-DMO Kabupaten Belitung, Iswandi didampngi Ketua Panitia Zubir, kemarin.

Usai soft launching Desa Wisata “Kreatif” Terong, Minggu besok pagi hingga siang juga diselenggarakan ground breaking (pencanangan) Desa Wisata “Bahari” Keciput. Desa Keciput yang memiliki Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang, dengan pantainya yang indah harus bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber perekonomian secara luas. Dalam acara pencanangan besok, selain pertunjukan seni budaya, juga akan dilakukan pelepasan Tukik di Pulau Kelayang.(mg1/agu)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: