banner 728x90

U-16 se Indonesia Segera Bergulir

banner 468x60

MANGGAR – Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali akan menggelar kompetisi pemain usia muda dengan gelaran Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016. Rencananya Liga Pelajar ini akan diselenggarakan di tingkat region pada awal Juli, dan dilanjukan ke tingkat Provinsi pada 20 Juli hingga 20 Agustus 2016. Lantas, berlanjut ke tingkat nasional puncaknya pada 9 September mendatang.

Hal ini disampaikan perwakilan Panitia/koordinator Provinsi Bangka Belitung (Korprov Babel), Setia Budi, usai mengikuti pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016, yang digelar Kemenpora di Jakarta, Sabtu (11/6) pekan lalu.

banner 300x250

Setia Budi yang juga pengurus dari SSB Fita Perol Gantung, Belitung Timur (Beltim) menambahkan dirinya mewakili Provinsi Babel bersama perwakilan Dispora Provinsi Babel, bergabung dengan Korprov seluruh Indonesia mengikuti Bimtek tersebut.

“Tadi disampaikan oleh Deputi III Kemenpora Bidang pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, bahwa kompetisi ini akan diikuti oleh puluhan ribu pesepakbola pelajar dari berbagai daerah di 34 Provinsi se Indonesia. Dan diharapkan dari kompetisi ini akan didapatkan bibit bibit pemain nasional,” ungkap Setia Budi kepada Belitong Ekspres.

Bimtek yang bertemakan “Revolusi Mental Sepakbola nasional Melalui Pembinaan usia Muda” juga merupakan bagian mengedukasi para pelajar seluruh Indonesia dan memperkuat pondasi pembinaan pemain usia muda yang bernilai edukasi tinggi.

“Kompetisi ini merupakan kebangkitan pembinaan usia muda, kerena itu akan digelar diseluruh Indonesia, yang diawali dengan kompetisi yang digelar di setiap Kabupaten/Kota disetiap Provinsi nantinya,” ujar pria yang akrab disapa Budi.

Budi, menerangkan untuk Provinsi Babel nantinya, akan dilaksanakan kompetisi pelajar U-16 di 7 Kabupaten/Kota, dengan sebutan region, yang rencana akan dimulai pada awal Juli mendatang. Dengan tahapan kompetisi adalah seri region, seri Provinsi, hingga seri nasional.

“Untuk seri region, (Kabupaten/Kota) akan dijadwalkan pada awal Juli, dilanjutkan seri Provinsi, pada 20 Juli hingga 20 Agustus 2016, serta untuk tingkat nasional akan diselenggarakan pada 9 September mendatang. Dan untuk region Provinsi Babel sendiri akan diikuti 7 Kabupaten/Kota, dan rencananya Kabupaten Beltim akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi ini,” terang Budi.

Bagi juara di tingkat tim Kabupaten/Kota akan mewakili tim Provinsi Babel ketingkat region Provinsi nantinya, dan dari hasil drawing jadwal kompetisi Liga Pelajar U-16 ditingkat region Provinsi, tim Provinsi Babel berada di Group C bersama dengan Kalimantan Timur (Kaltim), Sumatera Utara (Sumut), dan Sulawesi Utara (Sulut), yang akan dipertandingkan di Jakarta.

“Dan juara setiap Groupi tingkat Provinsi atau 8 tim terbaik diseri nasional akan berlaga di babak perempat final dan puncaknya atau pertandingan final akan berlangsung di Sidoarjo pada 9 September 2016, yang juga bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) nantinya,” tandas Budi.  (feb)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: