banner 728x90

UKM Masih Minim Miliki Sertifikat Halal

banner 468x60

foto: Nardi Pratomo

Nardi

banner 300x250

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Direktur LPPOM MUI Provinsi Bangka Belitung (Babel) Nardi Pratomo mengatakan, para pelaku usaha terutama, Usaha Kecil Mengah (UKM) di Bangka Belitung (Babel) yang sudah memiliki Sertifikat Halal (SH) masih terbilang minim.

“Persentasenya masih kecil sekali, baru sekitar 5%. Bila, asumsi UKM yang layak sertifikat halal ada 10.000),” ujar Nardi pada Belitong Ekspres Sabtu (16/7) kemarin.

Menurutnya, hal tersebut terjadi lantaran para pelaku UKM masih banyak yang belum mengerti akan manfaat dan pentingnya memiliki sertifikat halal. Selain itu, sebagian besar para pelaku UKM masih berfikir lokal, beraksi lokal dan hasil pun masih lokal. Sehingga, mungkin belum berfikir untuk bersaing secara nasional maupun internasional.

“Yang saya khawatirkan, nanti Babel akan banyak diserang oleh produk-produk dari luar. Selain itu pada tahun 2019 mendatang produk makan dan minuman diharuskan untuk memiliki sertifikat halal,” jelasnya.

Lanjut Nardi menjelaskan, ketika pangsa pasar sudah di kuasa oleh produk-produk dari luar, pada saat itulah rasa “Barokah” dari para pelaku UKM ter sadarkan. Namun, tentunya hal tersebut jangan tersebut terjadi.

“Saya lihat antusias pelaku UMK masih lemah untuk mempunyai sertifikat halal justru, yang mulai semangat adalah usaha rumah makan terutama rumah makan di kalangan Chinese,” ungkapnya.

Kata Nardi, dengan memiliki sertifikat halal tentunya, akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap produk itu sendiri, begitu juga terhadap suatu daerah yang berbasis pariwisata.

Contohnya kata Nardi, Provensi NTB di lirik dunia karena halal destination nya. Apa lagi, wisatawan pada saat ini sudah semakin peka terhadap produk-produk yang halal.

“Sekarang ini Negera-Negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Negara- Negara berkembang dengan Negara berpendapatan tinggi (GDP) juga fokus untuk membenahi dan mempromosikan wisata halal mereka,” imbuhnya.

Ditambahkan Nardi, kendati demikian dirinya bersyukur dan berterimakasih dengan program 1000 sertifikat halal gratis bagi para UKM oleh Gubernur Babel Erzaldi. Sebab, terobosan tersebut tentunya akan meningkatkan dan mendukung kemajuan wisata halal di bangka belitung. (rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: