banner 728x90

Usai Kunker ke Jateng, Ini Rencana Kades Badau

banner 468x60

belitongekspres.co.id, BADAU – Pemerintah Desa (Pemdes) Badau semangkin semangat untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di desanya. Ini disampaikan Kades Badau Hermawan, setelah pihaknya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Ponggok, Kota Solo Jawa Tengah (Jateng).

Menurut Kades, Kunker yang dilaksanakan belum lama ini dalam rangka pengembangan Kapasitas Bumdes. Itu diikuti sekitar 30 orang termasuk Anggota DPRD Kabupaten Belitung. Hermawan menjelaskan BUMDes ini bertujuan untuk membangun ekonomi kerakyatan di desa itu sendiri, yang nantinya untuk kesejahteraan warga desa tersebut.

banner 300x250

“BUMDes Desa Pongok merupakan salah satu BUMDes yang terbaik di Indonesia. PAD-nya bisa mencapai Rp 4 Milliar dalam satu bulan,” ujarnya kepada Belitong Ekspres, Senin (25/9), sembari mengatakan ini yang membuat dirinya semangkin semangat.

Hermawan menyebutkan, BUMDes ini, termasuk program inovasi desa yang menjadi prioritas dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia.

Dirinya berharap kepada pengambil kebijakan baik Eksekutif maupun Legislatif untuk membuatkan payung hukumnya baik dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Bupati (Perbup).

“Memang sudah ada Peraturan Desa (Perdes) untuk penyertaan modal dan Perdes BUMDes. Namun perlu adanya payung hukum untuk menguatkan Bumdes itu sendiri,” imbuhnya.

Kades melanjutkan, Ilmu yang didapat dalam kunjungan Desa Ponggol nantinya akan disampaikan kepada pengelola BUMDes, dan akan dicoba diterapkan di BUMDes Badau.

“Kami bersama teman-teman BPD melihat langsung bagaimana maju nya perekonomian suatu desa jika BUMDes nya di kelola dengan baik dan profesional. Walaupun tidak semudah itu untuk menciptakannya.

Pengetahuan yang kami dapatkan kemarin akan kami coba terapkan dan sampaikan kepada pengelola BUMDes di desa,”pungkasnya. (rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: