banner 728x90

Verfak Dukungan DPD, Tak  Kenal Tapi Tetap Dukung

Pelaksanaan kegiatan verifikasi faktual dukungan bagi bakal calon anggota DPD di Desa Pulau Buku Limau Kecamatan Manggar.

MANGGAR – Tiga hari pelaksanaan kegiatan verifikasi faktual (verfak) dukungan bagi bakal calon anggota DPD telah selesai dilaksanakan, 1-3 Juni 2018. Verfak ini merupakan persyaratan untuk perorangan yang berniat mencalonkan diri sebagai kontestan pada pemilu 2019.
Dari hasil pantauan Belitong Ekspres, selain murni mendukung pencalonan bakal calon anggota DPD, ada pula diantara dukungan yang tanpa sepengetahuan pemberi dukungan. Salah satunya ketika tim verfak KPUD Beltim bersama Panwas mengunjungi Desa Pulau Buku Limau Kecamatan Manggar.
Meski tidak mengenal calon yang didukung, mereka tetap membubuhkan tandatangan sebagai bukti dukungan. Bahkan mereka berkilah, tak ada salahnya memberikan dukungan bagi bakal calon DPD apalagi di bulan Ramadan.
Lain lagi halnya dengan beberapa masyarakat di Kecamatan Gantung yang merasa tidak pernah memberikan dukungan pada bakal calon DPD. Saat disodorkan nama bakal calon dan memastikan kebenaran dukungan justru menegaskan tidak pernah sama sekali mendukung.
Komisioner KPUD Beltim Divisi SDM dan Partisipasi Pemilih Suro Mampan Siregar menjelaskan verfak oleh KPUD Beltim hanya memastikan dukungan apakah sesuai dengan data yang dilampirkan dalam pengajuan syarat dukungan.
“Verifikasi ini untuk memastikan data tersebut sesuai dengan data dan fakta di lapangan, terkait dukungannya kepada satu diantara bakal calon, benar tidaknya si pemilih mendukung bakal calon perorangan tersebut,” ujar Suro kepada Belitong Ekspres, Senin (4/6) kemarin.
Suro menjelaskan, untuk bisa menjadi calon anggota DPD, bakal calon perorangan harus mengumpulkan e-KTP sebanyak 1.000 lembar dan tersebar di 7 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Bangka Belitung.
“Bagi balon yang telah menjadi calon nantinya, saat akan kampanye di bulan September 2018 akan datang. Silahkan memperkenalkan diri, jangan sampai pemilih tidak tahu apa visi misi dari calon DPD,” kata Suro.
Ketua Panwaslu Kecamatan Manggar Danny Sugara, ketika dimintai keterangan soal kehadiran lembaga pengawas dalam kegiatan verfak pencalonan DPD RI menjelaskan bahwa Panwaslu sesuai tugasnya memastikan proses pelaksanaan verifikasi dilapangan. Sehingga kegiatan verfak yang dilaksanakan KPU sesuai dengan aturan.
“Kita disini memastikan proses tersebut sesuai aturan apa tidak, terus dengan adanya pengawasan ini juga mencegah terjadinya dugaan pelanggaran,” ucap Danny.
Kemudian, kata Danny hasil dari proses pengawasan tersebut akan dituangkan dalam alat kerja. “Nanti barulah laporan pengawasan serta alat kerja disampaikan ke jenjang atas yaitu Panwas Kabupaten Belitung Timur,” sebutnya. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: